Cukup ditambah 1 bahan minuman, ini trik optimalkan sampo jadi lebih ampuh atasi ketombe dan rontok

Cukup ditambah 1 bahan minuman, ini trik optimalkan sampo jadi lebih ampuh atasi ketombe dan rontok

Brilio.net - Masalah rambut yang umum terjadi dan dialami oleh siapa saja adalah ketombe. Ketombe ditandai dengan munculnya rasa gatal dan munculnya serpihan atau bintik berwarna putih di kulit kepala. Pemakaian sampo yang berlebihan atau kurang bisa menyebabkan ketombe karena kulit kepala jadi memproduksi minyak.

Dilansir dari Mayo Clinic, ketombe sebenarnya masalah kesehatan umum yang menyebabkan kulit kepala kering dan mengelupas. Sebenarnya, bukan sebuah penyakit yang serius dan berbahaya. Namun, cukup membuat kepercayaan diri hilang atau menurun.

Akibat tingginya kadar minyak di kulit kepala, menyebabkan munculnya peradangan kulit yang dipicu oleh jamur Malassezia spp. Jamur ini bersifat lipofilik, sehingga lingkungan mikro dengan kadar minyak tinggi menyuburkan pertumbuhannya.

Ketombe yang tak tertangani dengan baik dapat menyebabkan rambut rontok. Maka dari itu, jika kamu mau mengatasi rambut rontok, sebaiknya atasi dulu permasalahan ketombenya.

Orang yang berketombe otomatis lebih sering menggaruk kulit kepala mereka untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Menggaruk kulit kepala yang dilakukan dengan sering ini bisa menyebabkan akar rambut jadi lemah sehingga menjadi penyebab rambut rontok. Saat folikel rambut dipenuhi ketombe, rambut baru tidak bisa tumbuh, hal inilah yang menyebabkan kerontokan.

Oleh karena itu, kamu harus segera mengatasi permasalahan ini agar tak menimbulkan kebotakan. Salah satunya adalah dengan trik keramas yang tepat.

Selain menggunakan sampo yang tepat sebaiknya kamu mengoptimalkannya dengan menambahkan bahan-bahan alami. Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @i_ayesha_here pada 3 Juni 2023.

Melalui unggahan tersebut ia memberikan trik optimalkan sampo jadi lebih ampuh atasi ketombe dan rontok. Sampo tersebut dicampur dengan 1 bahan minuman. Bahan minuman yang digunakan adalah teh hitam. Selain teh hitam, ramuan alami inijuga menambahkan bahan lain yaitu beras.

"stop hair fall and promote hair growth (menghentikan rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @i_ayesha_here, Kamis (13/7).

Trik optimalkan sampo pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES