Cegah ketombe dan rambut kering, ini cara lembapkan kulit kepala pakai oil spray dari 2 bahan alami

Cegah ketombe dan rambut kering, ini cara lembapkan kulit kepala pakai oil spray dari 2 bahan alami

Brilio.net - Tak hanya rambut saja yang rentan mengalami kering, namun kulit kepala yang kering merupakan salah satu pemicu yang dapat membuat rambut mengalami dehidrasi. Kulit kepala kering ditandai dengan munculnya rasa gatal, iritasi, dan mengelupas. Kulit kepala kering dan gatal yang mengelupas biasanya berupa serpihan kecil dan kering.

Kulit kepala kering tentu dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan. Tidak hanya ketombe, keberadaan kulit kepala kering disertai gatal juga sama tak enaknya. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal dan penanganannya pun disesuaikan dengan penyebab yang mendasari terjadinya kulit kepala kering. Penyebab kulit kepala kering pun beragam, mulai dari eksim, psoriasis, hingga dermatitis seboroik.

Faktor lain juga bisa menyebabkan kulit kepala kering, seperti udara yang dingin dan kering, penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat, serta pertambahan usia. Meski terlihat ringan, kondisi kulit kepala kering sebaiknya segera ditangani agar tidak semakin parah. Pasalnya, kulit kepala kering bisa menyebabkan serangkaian masalah seperti gatal, ketombe, dan rambut rontok.

Nah, untuk mengatasinya kamu membutuhkan perawatan yang diformulasikan untuk melembapkan kulit kepala kering. Tak perlu produk mahal, karena kamu bisa kok melembapkan kulit kepalamu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @kutizgh pada 8 Februari 2023 lalu.

Dalam unggahannya, ia membagikan cara lembapkan kulit kepala pakai oil spray dari 2 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah minyak kelapa dan air mawar.

"DIY Oil Hair Spray to Moisturize your scalp (DIY Oil Hair Spray untuk Melembapkan kulit kepala kamu)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @kutizgh, Selasa (20/6) lalu.

Cara lembapkan kulit kepala pakai oil spray dari 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak kelapa termasuk jenis minyak yang juga bermanfaat untuk merawat kulit kepala kering. Selain melembapkan, minyak kelapa mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang dapat bantu mengurangi risiko infeksi di kulit kepala yang kering. Bahkan, minyak kelapa dapat membantu mengobati dermatitis atopik dan membuat rambut menjadi lebih halus.

Sedangkan air mawar, mengandung vitamin E yang kaya akan antioksidan yang baik untuk melindungi sel-sel kulit kepala dari bahaya kerusakan dan sekaligus melembutkan batang rambut. Tak hanya itu, air mawar juga memiliki tingkat pH yang sedikit asam, sehingga dapat membantu melembapkan rambut kering sekaligus menghidrasi kulit kepala agar terbebas dari iritasi.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES