Cegah botak dan rapuh, begini cara membuat tonic spray untuk atasi rontok pakai 1 jenis rempah

Cegah botak dan rapuh, begini cara membuat tonic spray untuk atasi rontok pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Rambut yang mudah rapuh dan rontok bisa berakibat fatal jika tidak segera diatasi. Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah kebotakan. Rambut rontok sebenarnya merupakan sesuatu yang normal karena merupakan bagian dari siklus pertumbuhan rambut. Rambut yang rontok secara normal jumlahnya sekitar 100 helai per hari.

Jika terjadi lebih dari itu, bahkan sampai membuat rambut terlihat menipis dan kulit kepala botak, maka berarti kondisinya sudah masuk kategori rontok parah. Kerontokan rambut ini bisa dialami oleh siapa saja, baik kalangan muda maupun tua. Rambut yang rontok disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu karena faktor genetik, kekurangan vitamin, stres berlebih, kondisi medis, dan sebagainya.

Kerontokan rambut terjadi ketika siklus pertumbuhan dan pelepasan rambut terganggu, atau ketika folikel rambut mengalami kerusakan dan diganti dengan jaringan scar atau luka. Dalam beberapa kasus, rambut rontok berlebihan tidak membutuhkan pengobatan khusus. Rambut bisa tumbuh dan tebal kembali dalam beberapa bulan, terutama jika akar masalah atau penyebab rambut rontok parah sudah teratasi.

Namun, beberapa kasus rambut rontok berlebihan mungkin memerlukan perawatan. Jika kerontokan rambut dianggap sudah dalam tahap memerlukan perawatan khusus, maka dokter akan merekomendasikan obat-obatan, seperti minoxidil, pengangkatan sebagian kulit kepala, terapi laser untuk menumbuhkan rambut, atau mungkin operasi transplantasi rambut. Namun, hal itu pastinya memerlukan biaya yang tak sedikit.

Jika itu terjadi padamu, nggak perlu pusing, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar untuk membantu menguatkan rambut agar tak mudah rapuh dan rontok. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @kanwalkhan401. Dalam unggahannya, ia membagikan cara membuat tonic spray untuk atasi rontok pakai 1 jenis rempah berupa cengkeh.

"Hair regrow Homemade toner Prevant hair Fall (Penumbuh rambut toner rumahan Mencegah rambut rontok)," ungkapnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @kanwalkhan401, Rabu (5/7).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES