Cara atasi rambut rontok dan kering cuma pakai vitamin dari 1 jenis bunga, bikin lebat dan lembut

Cara atasi rambut rontok dan kering cuma pakai vitamin dari 1 jenis bunga, bikin lebat dan lembut

Brilio.net - Tak hanya kulit tubuh, merawat keindahan rambut sama pentingnya dengan merawat kulit. Rambut yang tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan kerusakan, di antaranya seperti rambut kering dan rontok. Selain faktor internal seperti stres dan hormonal, faktor eksternal seperti sinar UV, polusi, kotoran hingga cuaca panas dapat membuat rambut kamu rusak.

Pada rambut yang mengalami kerusakan, masalah rambut rontok dan kering sering terjadi bersamaan. Pasalnya, kebiasaan buruk yang membuat rambut kering adalah hal yang memicu kerontokan, misalnya kesalahan dalam merawat rambut atau pola makan yang tidak sehat. Jadi, sangat wajar jika cara merawat rambut rontok dan kering sering beriringan satu sama lain.

Ada banyak cara merawat rambut kering dan rontok yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Misalnya, memperhatikan frekuensi keramas, memilih sampo yang paling tepat untuk rambut kering, hingga membatasi penggunaan alat pengering rambut. Cara-cara yang telah disebutkan di atas juga akan semakin maksimal hasilnya apabila kamu turut memperhatikan pola makan. Sebab, kekurangan nutrisi tertentu rupanya juga bisa memicu rambut menjadi rusak dan rontok.

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa lho melakukan perawatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain mampu menutrisi, bahan alami juga efektif untuk merawat kerusakan rambut jika digunakan secara rutin. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @kyshira.chirima pada 6 Juli 2022.

Dalam videonya ia memberikan cara mengatasi rambut rontok dan kering cuma pakai vitamin dari 1 jenis bunga. Bunga yang digunakan adalah calendula. Selain bunga calendula, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu jahe dan minyak esensial.

"How to make your very own calendula liquid hair vitamin to strengthen & nourish your hair & scalp (Cara membuat vitamin rambut cair calendula-mu sendiri untuk memperkuat & menutrisi rambut & kulit kepala kamu)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @kyshira.chirima, Selasa (9/5).

Cara atasi rambut rontok dan kering cuma pakai vitamin dari 1 jenis bunga Berbagai sumber

foto: freepik.com

Calendula termasuk salah satu herbal paling berkhasiat bagi manusia. Bunga yang satu ini memiliki aneka manfaat untuk seluruh tubuh, mulai dari kulit, organ dalam, hingga rambut. Calendula memiliki sifat antiinflamasi, antijamur, dan antibakteri. Karena itu cukup efektif untuk mengobati berbagai jenis masalah kulit. Di samping itu, calendula juga memiliki banyak manfaat untuk rambut.

Calendula sering digunakan untuk menghidrasi kulit kepala dan menyingkirkan ketombe. Ketombe bisa disebabkan oleh kulit kepala yang mengelupas karena terlalu kering. Sifat regeneratif yang dimiliki oleh calendula juga membantu folikel rambut tumbuh subur, sehingga rambutmu senantiasa lebat dan bebas rontok.

Sedangkan, jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang memiliki manfaat cukup besar bagi kesehatan tubuh manusia, termasuk untuk mendukung pertumbuhan rambut. Dilansir dari laman online Healthline, jahe memiliki kandungan vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi.

Jahe termasuk bahan alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Selain vitamin C dan magnesium, jahe juga memiliki kandungan lain, seperti gingerol, shogaol, dan zingerones. Dari semua kandungan yang terdapat dalam jahe, gingerol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang paling kuat dan berperan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satunya dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Sementara itu, minyak esensial untuk rambut dipercaya bisa membuat rambut lebih sehat dan lebat. Manfaat minyak esensial untuk rambut juga cukup banyak, salah satunya dapat menebalkan rambut, dipercaya mampu atasi masalah rambut rontok, kering, hingga menenangkan kulit kepala. Nah, kamu bisa menggunakan minyak esensial andalanmu.

(brl/pep)

tags

STORIES