Cara atasi psoriasis pada kulit kepala ini hanya pakai 3 bahan alami, hilangkan gatal dan cegah rontok

Cara atasi psoriasis pada kulit kepala ini hanya pakai 3 bahan alami, hilangkan gatal dan cegah rontok

Brilio.net - Tak hanya ketombe, ternyata penyebab gatal pada kulit kepala juga disebabkan oleh psoriasis. Psoriasis kulit kepala adalah peradangan pada kulit kepala yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan disertai gatal. Psoriasis kulit kepala biasanya terjadi di bagian belakang kepala, tetapi dapat juga meluas ke dahi, telinga, dan leher.

Psoriasis kulit kepala bisa tergolong ringan dan hampir tidak terlihat, tetapi bisa juga menjadi parah dan kronis. Rasa gatal yang ditimbulkan karena penyakit ini dapat sangat mengganggu, sehingga membuat penderitanya sering menggaruk. Ketombe yang berjatuhan juga dapat membuat penderitanya tidak percaya diri. Namun, psoriasis kulit kepala bukanlah penyakit menular dan dapat diatasi dengan penanganan yang tepat.

Psoriasis kulit kepala biasanya ditandai dengan munculnya bercak bersisik berwarna merah keperakan atau keunguan di kulit kepala. Penyebab psoriasis kulit kepala belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini diduga terjadi akibat gangguan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, psoriasis juga bisa disebabkan karena infeksi, penggunaan produk rambut yang memiliki kandungan keras, paparan sinar matahari, dan kebiasaan buruk lainnya.

Cara untuk mengatasinya, kamu bisa langsung mengonsultasikannya pada dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Kamu juga bisa mencoba mengurangi rasa gatalnya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @angel_clark__ pada (22/10/2021) lalu.

Dalam unggahan tersebut, ia memberikan cara atasi psoriasis pada kulit kepala hanya pakai 3 bahan alami. Bahan-bahan alami yang digunakan adalah pisang, putih telur, dan minyak kelapa.

"DIY hair mask for psoriasis (Masker rambut DIY untuk psoriasis)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @angel_clark__, Rabu (19/4).

Cara atasi psoriasis pada kulit kepala hanya pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat pisang untuk rambut berasal dari kandungan silika, yakni suatu jenis mineral yang dapat membuat rambut jadi lebih kuat dan tebal. Tak hanya itu, kandungan antimikroba pada pisang diyakini dapat mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas yang menjadi salah satu gejala ketombe dan psoriasis. Sebuah studi dalam Avicenna Journal of Medical Biotechnology menyebutkan, buah pisang mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan rambut, seperti antioksidan dan antibakteri.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES