Bukan pakai serum rambut, ini cara bikin uban berkurang pakai 1 produk olahan susu

Bukan pakai serum rambut, ini cara bikin uban berkurang pakai 1 produk olahan susu

Brilio.net - Rambut putih, atau yang sering dikenal dengan sebutan uban, merupakan salah satu ciri khas terjadinya proses penuaan selain wajah yang akan dipenuhi keriput dan garis halus. Memutihnya rambut biasanya bisa dilihat seiring bertambahnya usia seseorang, terutama ketika memasuki 40-an. Uban tidak hanya muncul di kepala, namun juga di area seperti jenggot, kumis, dan sebagainya.

Penyebab utama kemunculan uban adalah penurunan kemampuan rambut dalam memproduksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut. Seiring bertambahnya usia, kemampuan sel melanosit di dalam tubuh dalam membentuk melanin (pigmen warna) akan mengalami penurunan. Alhasil, warna alami rambut pun berangsur memudar dan hilang, dan lama-kelamaan berubah menjadi putih.

Kemunculan uban tidak hanya dipengaruhi oleh pertambahan usia, namun juga oleh faktor kebiasaan diri yang tidak dijaga dengan baik. Menurut studi dari US National Institutes of Health, kondisi stres dan tekanan psikologis menyebabkan pelepasan norepinefrin di dalam tubuh yang dapat mengganggu produksi melanin. Selain itu, kebiasaan merokok, kekurangan vitamin B-12, hingga berlama-lama berada di bawah sinar matahari disinyalir dapat memicu percepatan tumbuhnya uban pula.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES