Bukan pakai scrub cuka apel, ini trik atasi ketombe agar tak semakin banyak dengan 1 jenis buah

Bukan pakai scrub cuka apel, ini trik atasi ketombe agar tak semakin banyak dengan 1 jenis buah

Brilio.net - Scrub cuka apel banyak digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut dan kulit kepala, salah satunya mengatasi ketombe. Pasalnya, cuka apel dapat bertindak sebagai pembersih alami yang efektif untuk mengangkat ketombe basah maupun kering di kulit kepala. Namun sayangnya, tak semua orang memiliki cuka apel di dapurnya. Apalagi pemilik kulit sensitif akan lebih mudah mengalami iritasi dengan menggunakan bahan ini.

Ketombe sendiri merupakan serpihan putih yang berasa dari sisa residu haircare yang bercampur sebum dan kotoran, serta pengelupasan dari kulit kepala yang terlalu kering. Itulah sebabnya ketombe terbagi menjadi dua jenis, yaitu ketombe basah dan kering. Selain gatal, kebanyakan orang yang mengalami ketombe merasa tidak percaya diri karena serpihan ketombe sering kali berguguran dan mengotori baju.

Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik), kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala, hingga psoriasis. Dari berbagai penyebab ketombe tersebut, masalah kulit kepala seperti terlalu berminyak atau terlalu kering juga bisa membuat jamur malassezia berkembang biak dengan cepat. Jamur malassezia ini juga menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe.

Meski menjadi hal yang wajar, namun ketombe di kepala cukup meresahkan. Pasalnya, masalah ini juga bisa mengganggu kesehatan rambut, lho. Oleh karena itu, kamu perlu segera mengatasinya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain scrub cuka apel, kamu bisa memanfaatkan bahan alami lainnya.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES