Bukan pakai minyak kemiri, ini cara pudarkan dan kurangi tumbuhnya uban prematur dengan 2 biji rempah

Bukan pakai minyak kemiri, ini cara pudarkan dan kurangi tumbuhnya uban prematur dengan 2 biji rempah

Brilio.net - Penuaan sejatinya akan mengakibatkan penurunan pada setiap fungsi tubuh secara bertahap. Penurunan fungsi tubuh ini juga akan dibarengi dengan perubahan secara fisik, salah satunya pada rambut. Penuaan pada rambut mengakibatkan terjadinya proses perubahan yang menghasilkan uban.

Uban, atau yang lebih dikenal sebagai rambut putih, merupakan penanda spesifik terjadinya proses penuaan di bagian kepala. Tumbuhnya uban biasanya akan dimulai di usia 30-an, dan akan semakin lebat seiring bertambahnya umur.

Perubahan ini sendiri dipicu oleh berkurangnya kadar melanin di rambut seiring penurunan fungsi organ tubuh. Hal ini mengakibatkan warna alami rambut, yang umumnya berwarna hitam pekat, akan perlahan memudar dan berubah menjadi putih keabu-abuan.

Namun begitu, banyak kasus di mana uban tumbuh bahkan di saat orang-orang masih berusia muda. Kondisi yang dikenal sebagai uban prematur ini umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan buruk yang dilakukan oleh masing-masing individu.

Anak muda yang terbiasa merokok biasanya akan mengalami pertumbuhan uban lebih cepat. Karena, senyawa toksik di dalam rokok yang mengganggu proses produksi melanin di dalam rambut. Tak hanya itu, orang-orang yang banyak mengalami stres juga biasanya akan mengalami masalah serupa akibat timbulnya hormon kortisol yang dapat berdampak pada kerusakan rambut.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES