Bukan pakai lemon, ini cara menghempaskan kutu pada rambut gunakan 1 bahan dapur

Bukan pakai lemon, ini cara menghempaskan kutu pada rambut gunakan 1 bahan dapur

Brilio.net - Kutu kepala atau sering disebut kutu rambut merupakan kondisi yang umumnya menyerang anak-anak dan bisa juga dialami oleh orang dewasa. Kutu rambut adalah parasit kecil (pediculus humanus capitis) yang hidup di kulit kepala manusia dan menghisap darah dari kulit kepala untuk bertahan hidup. Hal ini dilakukan oleh parasit tersebut karena suhu pada kulit kepala manusia hangat dan menjadi sumber makanan bagi mereka.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya kutu rambut. Paling sering dialami oleh sejumlah orang adalah terinfeksi dari satu orang ke orang lain. Kondisi ini bisa terjadi melalui kontak fisik, seperti bertukar topi, sisir, dan penggunaan handuk bersamaan.

Tidak hanya itu, faktor kebersihan juga memengaruhi pertumbuhan kutu rambut pada kulit kepala. Maka dari itu, menjaga kebersihan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kutu rambut. Untuk menjaga kebersihan, kamu bisa menggunakan sampo yang diracik dengan resep sendiri dan menggunakan bahan alami.

Cara inilah yang juga dilakukan pengguna YouTube lifestleshiny, Senin (25/9). Dalam video yang berdurasi beberapa menit itu dia memanfaatkan satu bahan dapur yaitu bawang putih. Bahan makanan ini mengandung sifat antiinflamasi sehingga bisa meredakan gatal dan iritasi akibat kutu rambut.

Sementara antimikroba di dalam bawang putih mampu menghambat pertumbuhan mikro organisme, termasuk bakteri parasit, dan jamur. Bawang putih juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Proses ini dapat membantu dalam penyembuhan luka dan mempercepat pertumbuhan rambut setelah kutu diatasi.

Walaupun bawang putih memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk rambut, ketika menggunakannya kamu perlu berhati-hati. Pasalnya, kandungan sulfur di dalam bawang putih, jika digunakan secara berlebihan dan menyentuh kulit secara langsung bisa menyebabkan iritasi, alergi, dan ruam.

Selain bawang putih, terdapat bahan lain yang digunakan dalam ramuan tersebut, yaitu kalonji seed atau jintan hitam. Bahan alami ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan gatal dan peradangan pada kulit kepala akibat gigitan kutu. Sifat antijamur yang terkandung dalam bahan tersebut bisa berguna dalam mengatasi masalah infeksi kulit kepala yang muncul akibat goresan kutu.

Lantas bagaimana cara menggunakan bahan-bahan di atas? Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES