Bukan pakai kapur barus, ini cara optimalkan sampo untuk hilangkan kutu rambut pakai 1 jenis daun

Bukan pakai kapur barus, ini cara optimalkan sampo untuk hilangkan kutu rambut pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Kutu rambut adalah parasit yang hidup di kulit kepala dan mengakibatkan kulit kepala gatal. Parasit ini umum ditemukan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah, yakni anak-anak yang berusia 3-11 tahun. Namun orang dewasa pun terkadang bisa mengalaminya.

Dalam dunia medis, kutu rambut disebut Pediculosis capitis. Penyebab munculnya kutu rambut, karena adanya kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi. Ini bisa tertular dari penggunaan pribadi, seperti handuk, sisir, ataupun bantal. Penularan ini juga bisa terjadi di tempat umum dan ramai, contohnya saja di sekolahan atau lainnya.

Kutu rambut dapat menyebar dengan cara melekat pada batang rambut dan menghisap darah dari kulit kepala. Mereka menggunakan mulutnya yang berbentuk seperti pisau untuk menggigit kulit dan meminum darah. Selama proses tersebut, kutu betina juga bisa bertelur di batang rambut. Nah, telur kutu atau disebut nit juga akan menempel pada batang rambut dan biasanya menetas dalam jangka waktu enam hingga sembilan hari. Kemudian, berubah menjadi kutu kecil atau nimfa. Nimfa ini nantinya akan berkembang menjadi kutu dewasa dan terjadi siklus berkelanjutan.

Biasanya rambut yang terinfeksi kutu biasanya menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Hal ini merupakan reaksi kulit kepala terhadap gigitan kutu dan air liur. Nah, gigitan kutu ini bisa membuat kulit meradang atau iritasi.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES