Bukan pakai jintan hitam dan urang aring, ini trik cegah munculnya uban hanya pakai 1 jenis daun

Bukan pakai jintan hitam dan urang aring, ini trik cegah munculnya uban hanya pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Penuaan merupakan proses alami yang dilalui tubuh dan tidak bisa dihindari siapapun. Tidak hanya terjadi pada kulit wajah saja yang terlihat semakin mengendur. Namun tanda-tanda penuaan juga perubahan warna rambut, semula hitam berubah menjadi abu-abu atau beruban.

Perubahan warna rambut pada beberapa orang yang sudah menginjak usia di atas 30 tahunan ini terjadi karena melanin pada rambut mengalami penurunan. Kondisi ini bisa menyebabkan rambut kehilangan warna asli dan menjadi lebih terang.

Munculnya uban pada kulit kepala dapat terjadi lebih cepat karena dipengaruhi oleh stres. Faktor yang satu ini dapat meningkatkan hormon kortisol yang bisa berdampak buruk pada folikel rambut. Lalu, faktor lain yaitu pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok dapat mempercepat proses penuaan pada rambut.

Biasanya jika rambut beruban sudah mulai muncul, banyak orang yang mencari cara untuk mengatasinya. Salah satu trik yang paling banyak digunakan adalah merawat rambut dengan menggunakan bahan alami yaitu jintan hitam dan urang aring.

Bukan tanpa sebab, kedua bahan alami ini bisa membantu menghitamkan rambut beruban secara alami. Pasalnya, jintan hitam atau biasa dikenal dengan habbatus sauda ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, berguna untuk kesehatan dan menghitamkan rambut beruban. Sementara itu, urang aring atau bacopa monnieri ini mengandung sifat adaptogen yang dapat membantu menghitamkan rambut.

Selain kedua bahan tersebut, terdapat bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk menghitamkan rambut. Bahan kali ini berasal dari satu jenis daun buah yaitu mangga. Daun mangga mengandung bioaktif, seperti antioksidan yang bisa menyehatkan dan menghitamkan.

Sementara itu, adanya kandungan vitamin C di dalam lemon ini bias meningkatkan kilau rambut. Sedangkan, coconut oil atau minyak kelapa mengandung vitamin E dan asam lemak. Kedua kandungan tersebut membantu menutrisi dan melembapkan rambut, sehingga rambut tidak kering.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES