Bukan pakai air beras, ini cara lawan tumbuhnya uban di rambut pakai 1 jenis daun herbal

Bukan pakai air beras, ini cara lawan tumbuhnya uban di rambut pakai 1 jenis daun herbal

Brilio.net - Penuaan adalah bagian alami dari siklus kehidupan setiap individu dimana mereka akan mengalami penurunan pada setiap fungsi tubuh secara bertahap. Dalam dunia kecantikan, penuaan tidak hanya terjadi pada kulit wajah saja, namun juga pada bagian rambut. Nah, penuaan pada rambut sendiri dapat dilihat dari kemunculan apa yang disebut sebagai uban.

Uban, atau sering disebut rambut putih, adalah sebutan bagi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya. Proses ini sendiri terjadi karena semakin umur bertambah, maka kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna tadi juga semakin berkurang. Hal ini menyebabkan warna hitam pada rambut lama-kelaaman akan memudar dan kemudian bertukar menjadi putih keabu-abuan.

Proses munculnya uban pada rambut sendiri pun dapat berbeda-beda bagi setiap individu. Selain faktor genetik, faktor stres juga dapat mempercepat munculnya uban karena hormon stres seperti kortisol bisa mempengaruhi pembentukan pigmen dan mempercepat proses kehilangan warna pada rambut. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan perubahan pada rambut karena komponen nikotin di dalamnya mengandung senyawa kimia yang dapat merusak sel-sel melanosit.

Nah, meskipun tumbuhnya uban memang tidak dapat dicegah, kamu bisa memperlambat kemunculannya sekaligus memudarkan warnanya bila diperlukan hanya menggunakan bahan-bahan alami saja. Salah satu trikya adalah dengan memanfaatkan daun kari (salam koja) bersama biji fenugreek, seperti diperagakan oleh @ravleenbaggaofficial yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (31/8).

lawan tumbuhnya uban di rambut  Instagram

foto: freepik.com

Daun kari mengandung senyawa alkaloid seperti murrayakonin, girinimbin, dan girinimbine, yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. Selain itu, komponen beta-karoten sebagai prekursor vitamin A di dalam daun ini juga berperan penting dalam mendukung pertumbuhan sel rambut baru yang sehat. Plus, daun kari juga mengandung zat besi yang membantu memastikan pasokan darah yang cukup ke folikel rambut sehingga dalam prosesnya akan mengurangi potensi pemutihan warna rambut.

lawan tumbuhnya uban di rambut  Instagram

foto: freepik.com

Biji fenugreek merupakan biji yang kaya akan protein dan asam amino. Kandungan 2 komponen ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus produksi melanin dalam folikel rambut. Melalui stimulasi peningkatan produksi melanin ini, biji fenugreek kemudian dapat membantu menjaga warna asli rambut dan mengurangi munculnya uban di kepala.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES