Bukan diwarnai cat, ini trik kurangi uban pada rambut pakai kulit dari 1 jenis rempah masak

Bukan diwarnai cat, ini trik kurangi uban pada rambut pakai kulit dari 1 jenis rempah masak

Brilio.net - Uban merupakan salah satu tanda penuaan yang terjadi di area kepala. Sering disebut sebagai rambut putih, uban sendiri terbentuk karena berkurangnya kemampuan rambut memproduksi sel-sel melanosit yang memberi warna hitam pada rambut seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan warna hitam pada rambut lama-kelaaman akan memudar dan kemudian bertukar menjadi putih keabu-abuan.

Walaupun akan muncul secara alami seiring bertambah usia, uban nyatanya dapat tumbuh pada orang yang masih muda sekalipun. Kekurangan asupan vitamin dapat memicu terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh sehingga rambut pun menjadi kekurangan nutrisi. Faktor stres juga dapat mempercepat munculnya uban karena hormon kortisol bisa mempengaruhi pembentukan pigmen dan mempercepat proses kehilangan warna pada rambut.

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi pertumbuhan uban adalah merokok. Hal ini disebapkan komponen nikotin di dalamnya mengandung senyawa kimia yang dapat merusak sel-sel melanosit di area kepala.

Penelitian Italian Dermatology Online Journal pada tahun 2013 menyebut bahwa perokok berisiko 2,5 kali lebih tinggi timbul uban sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Jika kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung sampai harus mencat rambut kok. Pasalnya, kamu bisa memperlambat dan mengurangi kemunculan uban menggunakan bahan-bahan alami saja.

Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan kulit bawang bombay dan jintan hitam, seperti yang diperagakan oleh @anubeauty.tips dan dilansir briliobeauty.net pada Senin (9/10).

Bukan diwarnai cat  Instagram

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES