Bukan dioles minyak jintan, ini trik jitu bikin uban kembali menghitam tanpa semir pakai 3 bahan dapur

Bukan dioles minyak jintan, ini trik jitu bikin uban kembali menghitam tanpa semir pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Penuaan merupakan bagian dari siklus kehidupan yang jelas akan dialami setiap orang. Penuaan membuat kondisi dan fungsi organ pada tubuh mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan adanya perubahan yang signifikan. Pada kulit, penuaan biasanya dapat dilihat dengan kemunculan keriput dan garis halus. Sementara itu, penuaan juga bisa muncul di area rambut dalam bentuk uban.

Uban adalah istilah untuk rambut yang kehilangan pigmen warna, sehingga berubah menjadi putih keabu-abuan. Rambut putih muncul sebagai hasil dari berkurangnya kemampuan sel melanosit membentuk melanin sebagai pigmen warna seiring bertambahnya umur. Umumnya rambut putih akan muncul di kala menginjak usia 35 tahun.

Faktor genetik dan kurangnya asupan vitamin dan nutrisi seperti B-6, B-12 serta E juga dapat mempercepat munculnya uban. Seseorang juga bisa beruban karena efek penggunaan produk perawatan rambut yang kurang cocok, penyakit autoimun, gangguan kelenjar tiroid, stres yang berlebihan, dan kebiasaan merokok.

Karena beberapa faktor tersebut banyak orang yang mulai beruban ketika mereka masih berusia muda. Kondisi ini biasanya disebut dengan uban prematur. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang merasa tidak percaya diri karena kemunculan uban. Sehingga, mereka mencari berbagai cara untuk menghitamkan rambut yang beruban.

Mulai dari menyemir rambutnya menjadi hitam, mewarnai rambut dengan berbagai warna favorit, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dilakukan pemilik akun TikTok @healthytips4youeveryday.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES