Bukan dimakan, begini cara manfaatkan 1 jenis saus makanan untuk atasi rambut rusak dan mengembang

Bukan dimakan, begini cara manfaatkan 1 jenis saus makanan untuk atasi rambut rusak dan mengembang

Brilio.net - Pernah nggak sih saat bangun tidur kamu merasa rambut terlihat begitu kaku serta mencuat keluar tidak beraturan? Atau, saat kamu menata rambut dengan sisir, sejumlah rambut malah terangkat? Jika iya, kemungkinan besar rambutmu berada dalam situasi yang tidak baik alias rusak. Kerusakan rambut umumnya diartikan ketika rambut kehilangan hidrasi alami sehingga muncul masalah lain yang terpicu oleh kondisi tersebut. Nah, situasi rambut menjadi gampang mengembang dan rontok menjadi salah satu masalahnya.

Kondisi rambut seperti ini pada dasarnya tidak datang begitu saja. Dari segi eksternal, masalah ini dapat muncul sebagai akibat dari menggunakan alat styling panas, sinar UV dari matahari, dan polusi lingkungan secara berkelanjutan. Terpaparnya rambut terhadap berbagai hal tadi menyebabkan kelembapan alami yang tadinya dipertahankan oleh folikel rambut justru akan semakin menipis dan membuatnya rapuh.

Apalagi ketika kondisi tadi ditambah dengan faktor-faktor internal seperti kurangnya konsumsi nutrisi, defisiensi vitamin dan mineral, serta stres yang berkepanjangan. Maka lama kelamaan, hilangnya hidrasi ini membuat rambut sulit mempertahankan bentuk alami. Akhirnya seperti yang sudah ditebak, rambut akan mulai mengalami banyak tanda kerusakan mulai dari mengering, rontok, hingga mengembang sehingga susah diatur.

Namun begitu, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu sampai pergi ke salon untuk mengatasinya. Pasalnya, kamu bisa memanfatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan sebagai solusi alternatif yang hemat di kantong. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran dari saus mayones da, minyak kelapa dengan kondisioner favorit. sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @aimaay_24, Rabu (26/7).

Bukan dimakan  Instagram

foto: freepik.com

Mayones pada dasarnya terbuat dari berbagai bahan alami seperti telur, minyak nabati, dan cuka. Kandungan lemak dari minyak nabati berperan penting dalam memberi kelembapan alami pada rambut rusak sehingga membantu memperbaiki tekstur rambut yang mengembang. Sementara itu, kandungan telur di dalamnya mengandung protein tinggi berupa keratin yang merupakan komponen utama rambut. Nah, protein inilah yang membantu memperkuat struktur rambut dan mengembalikan elastisitasnya. Plus, kandungan cuka dalam saus mayones juga bisa membantu menyeimbangkan pH rambut yang secara tidak langsung menjaga kesehatan kutikula sebagai barrier alami rambut.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES