Bukan dengan teh hitam, ini cara cegah agar uban tak cepat muncul hanya pakai 1 jenis daun

Bukan dengan teh hitam, ini cara cegah agar uban tak cepat muncul hanya pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Rambut beruban merupakan perubahan alami pada kulit kepala yang membuatnya kehilangan warna asli dan berubah menjadi putih atau abu-abu. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan adanya penuaan yang terjadi pada seseorang. Namun sebenarnya di balik kondisi tersebut terdapat faktor lain yang mempengaruhinya.

Pada dasarnya rambut memiliki pigmen melanin yang bertanggung jawab untuk memberikan warna pada anggota tubuh itu. Ada dua jenis melanin yaitu melanin yang memberikan warna hitam dan coklat. Serta pheomelanin yang memberikan warna merah dan kuning.

Ketika rambut mulai menua, produksi melanin ini semakin berkurang. Akibatnya, rambut kehilangan warna asli. Biasanya hal ini terjadi ketika memasuki usia 30 hingga 40 tahunan. Selain faktor tersebut, terdapat pengaruh lainnya yaitu stres, kekurangan nutrisi, dan genetik, serta kebiasan buruk seperti halnya merokok.

Munculnya uban pada rambut membuat orang kerap mengecat rambut untuk menyamarkannya. Namun, jika hal ini dilakukan terus menerus, lama-lama bisa menimbulkan kerusakan seperti rambut kering. Karenanya, ada cara lain yang bisa kamu pakai yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES