Bukan dengan alpukat, ini cara usir ketombe dan rambut berminyak pakai 1 jenis minyak dapur

Bukan dengan alpukat, ini cara usir ketombe dan rambut berminyak pakai 1 jenis minyak dapur

Brilio.net - Setiap orang tentunya memiliki gaya rambut andalan yang sering digunakan untuk menunjang penampilan. Gaya rambut yang tepat memang dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Namun begitu, sebagus apapun gayanya, tidak akan ada gunanya jika rambut mengalami banyak masalah. Nah, beberapa masalah yang acap mengganggu rambut ini adalah rambut lepek dan berketombe.

Rambut lepek diakibatkan produksi sebum berlebihan di area kulit kepala sebagai respon dari perubahan hormon, stres berkepanjangan, hingga sinar matahari dan polusi sekalipun. Efeknya, kulit kepala pun akan terlihat greasy, kusam, dan kotor. Bahkan, kulit kepala berminyak juga menjadi sumber kuman dan bakteri. Dalam prosesnya akan menyebabkan masalah kulit kepala lainnya, seperti ketombe.

Ketombe ditandai dengan munculnya serpihan putih kecil yang tampak di kulit kepala dan rambut akibat pertumbuhan jamur Malassezia secara berlebih. Tumbuhnya jamur ini dapat dipicu produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous di kulit kepala yang kemudian menyebabkan iritasi serta produksi sel kulit mati yang berlebihan. Ketombe yang tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan iritasi dan rasa gatal pada kepala.

Untuk mengatasi masalah di atas, kamu bisa mencoba memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif yang tak kalah efektif dengan produk komersil di luar sana. Salah satunya dengan menggunakan minyak kelapa dan lemon, sebagaimana diperlihatkan akun Instagram @diybyshikha, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (25/8).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES