Bukan cuma minyak kelapa, ini cara hitamkan kembali rambut beruban pakai 1 bahan olahan susu

Bukan cuma minyak kelapa, ini cara hitamkan kembali rambut beruban pakai 1 bahan olahan susu

Brilio.net - Rambut putih, atau yang sering dikenal dengan sebutan uban merupakan salah satu ciri khas proses penuaan selain wajah menjadi keriput dan kendur. Memutihnya rambut bisa dilihat seiring bertambahnya usia seseorang, terutama ketika memasuki usia 40-an. Uban tidak hanya muncul di kepala, namun juga di area seperti jenggot, kumis, dan sebagainya.

Penyebab utama kemunculan uban adalah penurunan kemampuan rambut dalam memproduksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut. Seiring bertambahnya usia, kemampuan sel melanosit dalam membantuk melanin akan mengalami penurunan. Alhasil, rambut pun berangsur kehilangan warna aslinya dan berubah menjadi putih.

Kemunculan uban tidak hanya dipengaruhi oleh pertambahan umur, namun juga oleh beberapa fakator lain. Menurut studi dari US National Institutes of Health, kondisi stres dan tekanan psikologis menyebabkan pelepasan norepinefrin di dalam tubuh yang dapat menganggu produksi melanin. Selain itu, kebiasaan merokok dan kekurangan vitamin B-12 disinyalir dapat memicu hal yang sama.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES