Bikin lembut dan antikusut, begini cara membuat hair serum untuk rambut berwarna pakai 6 bahan alami

Bikin lembut dan antikusut, begini cara membuat hair serum untuk rambut berwarna pakai 6 bahan alami

Brilio.net - Bagi sebagian orang, bergonta-ganti warna rambut adalah hal yang menyenangkan. Apalagi kalau warna rambut sesuai dengan undertone kulit. Hal itu bisa membuat wajah tampak semakin segar dan cerah. Namun di balik warna yang cantik, terdapat dampak negatif terhadap rambut apabila tidak rajin merawatnya. Bahan kimia di dalam cat bisa membuat rambut rusak seperti batang rambut menjadi kering, mudah patah, dan bercabang.

Bukan rahasia lagi jika pewarna rambut dapat merusak batang rambut, membuatnya rapuh, dan lebih mudah patah. Kebanyakan pewarna rambut permanen menggunakan kombinasi amonia, hidrogen peroksida, dan p-phenylenediamine (PPD) untuk mewarnai rambut. Amonia membuka lapisan protein di rambut, sehingga cat rambut dapat melapisi batang rambut. Hidrogen peroksida menghilangkan warna alami rambut dan PPD mengikat rambut untuk mengubah warnanya sesuai yang diinginkan.

Nah, untuk menghindari dan mengatasi hal tersebut dibutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan rambut berwarnamu. Selain menggunakan berbagai produk haircare yang dijual di pasaran, kamu juga bisa merawatnya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih aman dan bebas bahan kimia.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @bri.in.a.box pada (5/8/2020) lalu. Melalui video unggahan tersebut, pemilik akun membagikan cara membuat hair serum untuk rambut berwarna pakai 6 bahan alami. Bahan alami yang digunakan yaitu, aloe vera gel, argan oil, rosemary oil, vitamin E, coconut oil, dan castor oil.

"Hair growth serum recipe! (Resep serum penumbuh rambut!)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bri.in.a.box, Sabtu (22/4).

Cara membuat hair serum untuk rambut berwarna pakai 6 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Lidah buaya sangat dikenal dengan manfaatnya untuk memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Manfaat ini diketahui berasal dari kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan senyawa kimia aloenin di dalamnya. Lidah buaya juga bermanfaat untuk merawat rambut kering yang rusak. Kandungan kolagen dan vitamin B pada lidah buaya biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Nah, khasiatnya ini dipercaya juga bisa bekerja untuk memperbaiki kerusakan pada rambut.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES