Bikin berkilau & antiketombe, ini cara membuat hair spray untuk atasi rambut kusut pakai 1 jenis buah

Bikin berkilau & antiketombe, ini cara membuat hair spray untuk atasi rambut kusut pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Salah satu masalah rambut yang kerap kali dialami oleh para kaum hawa adalah rambut kusut. Masalah rambut ini bisa mengganggu penampilan karena rambut susah diatur, terlihat kusam, dan membuatnya mudah patah.

Rambut kusut atau disebut juga frizzy hair terjadi karena rambut kekurangan kelembapan dan nutrisi. Akibatnya, beberapa helai rambut mudah terkait dan akan sulit diatur. Faktor utama penyebab rambut kusut adalah berkurangnya kelembapan (dehidrasi) yang membuat kutikula kasar. Penyebab lain adalah paparan sinar matahari, penggunaan produk yang salah, pemakaian hairdryer, pewarnaan rambut, dan jarang menyisir rambut.

Pada jenis dan kondisi frizzy hair, bagian kutikula rambut atau lapisan terluar batang rambut yang berbentuk seperti sisik ikan, tidak dalam posisi rebah tapi terangkat. Saat bergesekan dengan helai rambut lain, kutikula rambut ini akan menjadi saling tersangkut. Semakin banyak rambut yang saling tersangkut, maka akan membentuk jalinan rambut yang kusut dan sulit untuk diurai.

Jika kamu merupakan salah satu yang mengalami rambut kusut, tak perlu risau, kamu bisa membuatnya halus kembali menggunakan hair spray khusus untuk mengatasi masalah ini. Hair spray yang dimaksud bukanlah hair spray yang banyak dijual di pasaran. Tapi hair spray buatan sendiri di rumah yang memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @neat.caroline pada (12/5/2022) lalu. Dalam video unggahannya, pemilik akun memberikan cara membuat hair spray untuk atasi kusut pakai buah lemon. Selain lemon, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu, vodka atau rum.

"Easy natural hairspray recipe! (Resep hairspray alami yang mudah!)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @neat.caroline, Minggu (23/4).

Cara membuat hair spray untuk atasi kusut pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Lemon adalah buah berwarna kuning cerah yang menawarkan berbagai nutrisi. Lemon dikenal mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya. Selain itu, lemon mengandung asam sitrat, flavonoid, zat besi, vitamin B, serta zat pencerah alami, yang umum digunakan dalam produk perawatan kecantikan. Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon diyakini dapat mengatasi ketombe dan kulit kepala kering.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES