Bebas serpihan putih, ini trik bersihkan rambut penuh ketombe pakai hair mask dari 1 protein

Bebas serpihan putih, ini trik bersihkan rambut penuh ketombe pakai hair mask dari 1 protein

Brilio.net - Ketombe merupakan masalah pada kulit kepala yang mengganggu bagi sejumlah orang. Pasalnya, rambut yang penuh dengan ketombe tidak hanya membuat kulit kepala terasa gatal, tetapi juga bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang. Awal munculnya ketombe ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur malassezia. Jenis ini merupakan jamur ragi yang secara alami sudah ada di kulit kepala manusia.

Namun, pada beberapa individu, malassezia dapat tumbuh secara berlebihan, sehingga menyebabkan iritasi kulit kepala yang pada gilirannya memicu produksi sel-sel kulit mati yang lebih cepat dari biasanya. Proses ini menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang berakhir jadi ketombe.

Penyebab tumbuhnya jamur ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu produksi minyak yang berlebih, kulit kepala yang cenderung sensitif, penggunaan produk hair care yang tidak cocok, dan kondisi lingkungan yang lembap.

Untuk mencegah tumbuhnya ketombe, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kebersihan kulit kepala. Kamu diharuskan rutin mencuci rambut dengan sampo dari bahan kandungan yang sesuai seperti zinc pyrithione, ketoconazole, selenium sulfida, atau tar coal, karena bahan-bahan ini terbukti efektif mengurangi ketombe.

Selain cara tersebut kamu juga bisa memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat. Mulai dari minum air yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut dari dalam. Tak hanya itu, kamu juga bisa menghilangkan ketombe dengan perawatan rumah. Salah satunya adalah menggunakan hair mask yang terbuat dari bahan-bahan alami.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES