Bantu samarkan uban, konten kreator ini bagikan cara bikin semir penggelap rambut pakai 2 bahan alami

Bantu samarkan uban, konten kreator ini bagikan cara bikin semir penggelap rambut pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Uban menjadi salah satu tanda penuaan yang umumnya dialami oleh kebanyakan orang berusia di atas 30 tahun, dan akan kian banyak seiring bertambahnya usia. Tanda penuaan ini dimulai dengan tumbuhnya helaian rambut berwarna putih keabu-abuan yang cukup kontras dengan warna rambut asli.

Kondisi ini disebabkan oleh menurunnya kadar melanin pada rambut, sehingga rambut tidak mendapatkan pigmen warna yang sempurna. Hal inilah yang menyebabkan uban berwarna putih keabu-abuan. Selain karena efek penuaan, uban juga bisa muncul karena beberapa faktor lain. Seperti genetik, perubahan hormonal, efek stres, penyakit tertentu, terlalu sering melakukan styling pakai alat pemanas, terlalu sering mewarnai rambut dengan semir berbahan kimia, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Itulah kenapa uban juga bisa muncul pada seseorang yang masih tergolong muda. Kondisi ini disebut dengan uban prematur. Kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Pasalnya, kemunculan rambut putih di kepala dapat membuat seseorang tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk menggelapkan rambutnya sebagai upaya menyamarkan tampilan uban. Ada yang menggunakan cara instan dengan melakukan semir di salon kecantikan, namun ada pula yang memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menyamarkan uban di kepalanya.

Menyemir rambut di salon kecantikan merupakan cara instan untuk menyamarkan uban dan menggelapkan rambut. Namun sayangnya, kandungan kimia pada semir yang digunakan di salon justru dapat merusak kesehatan rambut jika digunakan dalam jangka waktu lama. Seperti rambut jadi mudah rusak, kering, kusut, dan rontok.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES