Atasi gatal dan kulit kepala bersisik, begini trik hilangkan ketombe kering pakai 1 jenis buah

Atasi gatal dan kulit kepala bersisik, begini trik hilangkan ketombe kering pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Bukan hanya rambut rontok, ketombe juga merupakan salah satu permasalahan rambut yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Ketombe lebih sering muncul pada orang yang jarang keramas atau kurang menjaga kebersihan rambut. Ketombe juga dapat muncul akibat produksi minyak atau sebum yang berlebihan di kulit kepala, stres, perubahan hormon, hingga penyakit tertentu, seperti kulit kepala berjamur, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

Sebenarnya, ketombe adalah kondisi yang umum terjadi pada kulit kepala, namun karena sulit dikendalikan ketombe menimbulkan banyak masalah di rambut, kulit kepala, sampai menurunkan rasa percaya diri seseorang. Ketombe sendiri memiliki dua jenis, yaitu ketombe kering dan ketombe basah.

Ketombe kering adalah kondisi kulit kepala dimana terdapat pengelupasan kulit yang kering dan bersisik. Biasanya, ketombe kering ditandai dengan kulit kepala yang bersisik akibat terlalu cepatnya sel yang yang mengelupas. Kondisi ini terjadi karena perubahan cuaca dari panas ke dingin, atau karena kebiasaan keramas yang tidak teratur.

Ketombe kering membuat siklus pergantian sel kulit mati cenderung cepat dari siklus yang normal. Tubuh akan terus menerus mengganti sel kulit mati dan mengelupas. Ketombe kering mengganggu penampilan, karena biasanya jatuh ke pakaian dan akan lebih terlihat jika mengenakan pakaian hitam.

Pada umumnya ketombe kering bukanlah kondisi yang berbahaya dan dapat diatasi dengan shampo antiketombe ataupun bahan-bahan alami. Salah satunya seperti unggahan video TikTok @kamsworldoffashion35 pada 28 Mei 2020.

Dalam unggahannya, ia memberikan trik hilangkan ketombe kering pakai 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah pisang. Selain pisang, ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu, yoghurt, dan minyak zaitun.

"Get rid of dandruff (Singkirkan ketombe)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @kamsworldoffashion35, Senin (17/7).

Trik hilangkan ketombe kering pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES