Brilio.net - Pesawat komersial pertama buatan China, C919 berhasil mengudara dari Bandara Internasional Pudong, Shanghai, Jumat (5/5). Dilansir brilio.net dari CNN, Pesawat yang membawa lima orang kru tersebut uji coba terbang selama satu jam 19 menit sebelum kembali mendarat dengan mulus.

Dengan keberhasilannya membuat pesawat komersil ini, China mencatatkan namanya dalam daftar sedikit negara yang berhasil membuat pesawat ciptaan anak negerinya seperti Amerika Serikat (AS), Rusia, Brasil, Kanada, Inggris, Prancis dan Jerman.

C919 © 2017 cnn.com

Dibuat oleh Commercial Aircraft Corporation of China (Comac), pesawat dengan 168 tempat duduk tersebut punya ukuran yang sama dengan A320 milik Airbus dan 737-800 milik Boeing yang mana adalah dua pesawat paling populer di dunia.

Sang produsen, Comac juga menawarkan penampilan baru yang belum pernah ada dalam penerbangan perdana pesawat manapun. Mereka menyiarkan secara langsung pemandangan dari kokpit pilot termasuk saat melakukan manuver di lepas pantai. Boeing maupun Airbus tak pernah melakukan hal tersebut.

Loading...

Meski sukses terbang perdana, masih butuh waktu lama bagi pesawat tersebut untuk mulai mengangkut penumpang dan berkompetisi dengan raksasa dari AS maupun Eropa. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan sebelum memulai tes sertifikasi dan standar keamanan.