Brilio.net - Seorang pria asal Meksiko bernama Juan Pedro Franco diklaim sebagai orang tergemuk di dunia. Pasalnya pria tersebut memiliki berat badan mencapai 595 kg. Untuk mengurangi berat badannya itu ia pun harus menjalani operasi biliopancreatic.

Dari proses operasi tersebut tim dokter berhasil mengurangi berat badannya hingga separuh. Meski berhasil, dokter yang menangani Franco mengatakan bahwa prosedur tersebut telah membuat pasiennya cukup tertekan.

orang terberat sedunia © 2017 brilio.net

Pria berusia 32 tahun itu kini masih dalam pantauan secara ketat oleh dokter setelah menjalani operasi pada 9 Mei kemarin. Prosedur pada Franco dimaksudkan untuk mengurangi berat badannya hingga setengah lagi dan diperkirakan akan ditindaklanjuti dengan operasi lain.

"Operasi itu cukup berhasil, tapi sekarang kita harus menunggu dan melihat bagaimana dia merespons perubahan sistemik. Mari berharap semuanya berjalan dengan baik," kata Jose Antonio Castaneda, dokter yang menangani Juan Pedro Franco seperti yang dikutip brilio.net dari Efe, Kamis (11/5).

Loading...

orang terberat sedunia © 2017 brilio.net

Nantinya, ukuran perut Franco akan berkurang dan ususnya akan dimodifikasi saat prosedur kedua selesai, yang kemungkinan terjadi pada bulan November.

Menurut dokter yang terpenting setelah operasi tersebut adalah kemajuan psikologis dan nutrisi dalam diri Franco. "Jika itu tidak terjadi, semuanya akan gagal," terang Castaneda.

Sebelumnya, ia pernah menjalani diet beberapa bulan belakangan ini dan berhasil menurunkan 175 kilogram dari bobotnya. Franco telah berjuang melawan obesitas selama hidupnya namun hal itu semakin memburuk ketika ia mengalami cedera di usia 17 tahun. Sejak itu Franco dikenal sebagai sosok yang menghabiskan waktu bertahun-tahun di tempat tidur.

orang terberat sedunia © 2017 brilio.net

Selain Franco, sejumlah orang juga pernah menyandang predikat sebagai orang terberat, yakni Manuel Uribe dari Meksiko, yang pada 2007 memegang rekor sebagai orang terberat di dunia dengan berat 597 kilogram, dan meninggal tahun lalu. kemudian, ada Eman Ahmed Abd El Aty dari Mesir yang diyakini sebagai perempuan terberat di dunia, dan baru-baru ini menjalani operasi.