Brilio.net - Sebuah jembatan harusnya memiliki pondasi yang kokoh agar bisa menopang beban di atasnya. Tidak begitu dengan jembatan yang satu ini, kamu tentu akan takjub. Jembatan yang hanya terbuat dari kertas mampu menahan beban mobil yang melaju di atasnya. Hal itu nyata, dan benar terjadi di Tiongkok.

Kamu berpikir hal tersebut tentu tidak masuk akal, bagaimana bisa jembatan yang terbuat dari kertas bisa dilewati oleh sebuah mobil di atasnya. Tanpa rusak apalagi membuat jembatannya runtuh. Kejadian unik ini merupakan bagian peringatan ulang tahun ke-45 brand mobil kenamaan Land Rover. Jembatan kertas sepanjang lima meter tersebut terbuat dari  54.390 lembar kertas yang disediakan oleh produsen Inggris, James Cropper PLC.

Dilansir brilio.net dari dailymail.co.uk, Minggu (13/12) Seorang seniman enviromental, Steve Messa merancang jembatan ini dalam jangka waktu tiga hari. Kamu tentu tak bakal percaya jika jembatan tersebut dilakukan tanpa menggunakan lem dasn baut. Steve merangkai kertas tersebut hingga mampu dan kuat. “Struktur kertas ini sangat mendukung untuk menahan beban meskipun pola seperti ini tidak pernah dicoba,” kata Messam.

Jembatan dibangun menggunakan rancangan abutment kayu khusus, terutama di bagian lengkungannya. Kertas tersebut kemudian disusun sedemikian rupa di atas kerangka hingga kuat. Ketika diuji, sebuah mobil Land Rover menaiki jembatan tersebut dengan sudut 34,7 derajat hingga berada di titik puncak jembatan tersebut beratnya kemudian ditopang oleh teknik lengkungan jembatan, Wow.