Brilio.net - Kemarin Jumat waktu London, warga Inggris sudah menentukan pilihannya apakah ingin tetap menjadi anggota Uni Eropa (EU) atau hengkang. Hasil referendum menunjukkan bahwa 52% setuju untuk keluar dari perserikatan tersebut. Daerah yang warganya setuju untuk tetap bertahan di EU adalah Irlandia Utara, Skotlandia, dan Kota London. Lainnya memilih untuk meninggalkan EU.

Setelah melihat hasil voting tersebut, Perdana Menteri David Cameron memutuskan untuk mundur dari pemerintahan sebagaimana dikutip brilio.net dari The Guardian, Sabtu (25/6).

"Saya sangat bangga dan terhomat telah menjadi perdana menteri selama enam tahun," tuturnya dalam pidato pengunduran dirinya.

"Saya juga percaya bahwa kami harus mendukung keputusan besar untuk meninggalkan EU, bukan malah mengacaukannya," tambahnya.

Sementara, Boris Johnson, tokoh Partai Konservatif pendukung Brexit dikabarkan merupakan sosok kuat pengganti Cameron. Namun hal ini masih harus ditentukan dalam rapat Partai Konservatif. Jika ada dua calon, maka akan ditentukan melalui pemungutan suara.