Brilio.net - Hampir setiap haru wisatawan muslim datang ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah. Melihat semakin banyaknya wisatawan muslim yang datang setiap tahunnya, sebuah hotel mewah dibangun di Mekkah Arab Saudi. Hotel ini disebut-sebut sebagi hotel terbesar di dunia.

Hotel ini terletak satu mil dari selatan Masjidil Haram, hotel ini memiliki luas 1,4 juta meter persegi. Hotel mewah bernama Abraj Kudai ini memiliki 10.000 kamar, 12 menara, 70 restoran, convention hall, dan helipad di atap hotel. Wow!

Abraj Kudai Hotel © 2017 brilio.net



Dilansir brilio.net dari telegraph.co.uk, Jumat (20/1) rupanya, Abraj Kudai terinspirasi model bangunan benteng padang pasir tradisional. Bangunannya terlihat megah dan mewah dengan kubah super besar dan menara tinggi menjulang.

Abraj Kudai Hotel © 2017 brilio.net



Irfan Al-Alawi yang merupakan direktur Islamic Heritage Research Foundation yang berbasis di Inggris, ia mendeskripsikan Abraj Kudai sebagai bagian dari pembangunan masif kota Mekkah menjadi kota yang mulai dipenuhi gedung-gedung megah pencakar langit.

Irfan Al-Alawi menyebutnya dengan Mecca-hattan dan mengasosiasikannya dengan Manhattan di New York.

Abraj Kudai Hotel © 2017 brilio.net



"Semuanya telah disapu bersih secara gencar sebagai bagian dari proyek pembangunan hotel-hotel mewah, tanpa menghiraukan nilai historis dan kesucian tempat-tempat di sekitar Masjidil Haram,” jelas Arfan Al-Alawi.

Selain Abraj Kudai, di Mekkah juga terdapat Abraj Al-Bait yang termasuk gedung tertinggi ketiga di dunia. Tingginya mencapai 601 meter. Dilengkapi dengan hotel besar, jam terbesar di dunia, musholla yang cukup untuk 10.000 jamaah, dan lima supermarket.