Brilio.net - Sebuah foto yang memperlihatkan seorang perempuan sedang menghadapi pengunjuk rasa rasis yang sedang murka viral di media sosial. Sikap tenang yang diiringi raut muka tersenyum perempuan itu membuat netizen berempati.

Saffiyah Khan tampak tersenyum kepada Ian Crossland, pemimpin pendemo dari kelompok ultra kanan Liga Pertahanan Inggris (EDL) di Birmingham, Sabtu (8/4). Saat sedang terjadi demo anti-imigran, Saffiyah sedang ada di lokasi untuk memantau situasi.

Saffiyah Khan © 2017 telegraph.co.uk foto: telegraph.co.uk

Perempuan warga Kota Birmingham keturunan Bosnia dan Pakistan itu mengatakan turun tangan saat melihat seorang wanita berhijab bernama Saira Zafar diintimidasi oleh para pendemo.

Saffiyah Khan © 2017 telegraph.co.uk foto: telegraph.co.uk

Dilansir brilio.net dari BBC, keduanya belum pernah bertemu. Namun Saffiyah nekat membantu Saira setelah melihat dirinya diintimidasi hingga berteriak jika para pendemo itu rasis dan islamophobia.

"Mereka mengatakan kepada Saira, 'Anda tidak Inggris, ini adalah negara Kristen, bukan negaramu, kembalilah dari mana kamu berasal'," kata Saffiyah menirukan ucapan salah seorang pendemo.

Saffiyah Khan © 2017 telegraph.co.uk foto: telegraph.co.uk

Sekelompok orang sekitar 25 orang mengepung perempuan berhijab itu hingga akhirnya membuat Saffiyah merangsek maju dan melindungi perempuan itu.

"Ia menunjuk-nunjuk saya dengan menempelkan jarinya ke wajah saya dengan agresif. Saat polisi ada di sana, pria itu melepaskan telunjuknya dari wajah saya. Saya tidak akan menanggapinya dengan kekerasan," lanjut Saffiyah Khan menceritakan kejadian itu.

Saat Saffiyah sedang menanggapi Ian Crossland dengan senyuman, fotografer press Association mengabadikannya. Foto itu kemudian beredar di media sosial dan menajdi viral. Bahkan Piers Morgan hingga Jess Phillips yang merupakan anggota parlemen dari Partai Buruh ikut membagikan foto itu.