Brilio.net - Apa kamu sering menemukan foto lautan manusia yang sedang 'rebutan' untuk naik ke kapal besar di media sosial? Jika kamu kurang paham maksudnya, foto itu digunakan untuk menyindir beberapa negara Eropa yang menolak pengungsi dari Timur Tengah.

Biasanya dalam caption foto tersebut bertuliskan 'Foto ini bukanlah pengungsi Syiria melainkan pengungsi Eropa yang sedang menuju Afrika Utara pada Perang Dunia II. Pikirkan hal tersebut sebelum menutup peluang suaka'.

Foto viral sindiran soal pengungsi Eropa ini ternyata hoax, kok bisa?

Memang foto-foto ini agak membingungkan untuk diyakini kebenarannya. Apalagi di tengah panasnya isu pengungsi Timur Tengah di sejumlah negara Uni Eropa, foto ini menyulut emosi netizen.

Meskipun begitu, foto tersebut bukan menggambarkan orang Eropa yang mengungsi ke Afrika Utara sebagaimana dikutip brilo.net dari Albawaba, Kamis (4/2). Dalam situs tersebut dijelaskan bahwa lautan manusia itu merupakan orang Albania yang keluar dari negaranya pada 1991. Ditaksir orangnya berjumlah 15.000. Foto tersebut menggambarkan kedatangan mereka ke Italia karena kala itu kondisi politik dan ekonomi yang sangat parah.

Loading...