Brilio.net - Sedikitnya empat orang tewas dalam sebuah ledakan di dekat Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, Senin (4/7) petang waktu setempat. Sejumlah foto yang beredar di media sosial memperlihatkan asap hitam membubung dari api yang tak jauh masjid yang juga tempat makam Nabi Muhammad SAW tersebut.

Belum diketahui secara pasti penyebab ledakan yang terjadi tersebut, sejumlah laporan menyebutkan peristiwa tersebut merupakan bom bunuh diri, laporan lainnya mengatakan itu ledakan tabung gas.

Saksi mata yang berada di dalam Masjid Nabawi mengakui mendengar ledakan setelah adzan Maghrib berkumandang. Saat bulan Ramadan, azan Maghrib juga sekaligus pertanda berbuka puasa. Pada saat seperti ini ribuan jamaah memadati salah satu masjid paling suci bagi umat Islam tersebut.

Sebagian jamaah masjid mengira suara tersebut merupakan bagian dari tembakan meriam yang menjadi tradisi setempat, namun kemudian terasa goncangan hebat di tanah.

"Getarannya terasa sangat kuat,” ujar saksi mata dikutip kantor berita AP.

Dalam waktu bersamaan, dua ledakan terjadi di dekat sebuah masjid di bagian timur Arab Saudi, Qatif. Sejumlah saksi mata menyebutkan pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya tak jauh dari sebuah masjid Syiah meski tak menyebabkan korban lain.

Mereka melaporkan menemukan bagian tubuh manusia tergeletak di jalanan di dekat distrik bisnis kota tersebut. "Jelas itu bom bunuh diri. Saya bisa melihat bagian tubuhnya," yang hancur berkeping-keping, kata warga setempat kepada kantor berita AFP.

Berikut foto-foto ledakan dekat Masjid Nabawi:

1. Pemandangan dari udara setelah ledakan dekat Masjid Nabawi.

2. Ledakan terjadi berdekatan dengan waktu Maghrib.



3. Petugas keamanan Arab Saudi yang luka-luka



4. Asap tampak membubung tinggi.



5. Di Masjid Nabawi terdapat makam Nabi Muhammad SAW.

Video ledakan di dekat masjid Nabawi, klik Next:

2 dari 2 halaman