Brilio.net - Seekor gorila berumur 17 tahun terpaksa ditembak mati oleh petugas kebun binatang di Cincinnati, Amerika Serikat pada Sabtu (28/5). Kejadian berawal dari jatuhnya seorang anak berumur 4 tahun yang jatuh ke kandang hewan bernama Harambe tersebut, sebelumnya diketahui anak tersebut memanjat pagar penghalang dan akhirnya jatuh ke parit yang berada di dalam kandang.

Seperti dikutip brilio.net dari dailymail, Selasa (31/5) gorila tersebut kemudian mendekati anak tersebut dan menyeretnya.  Pada saat itu, tim Zoo's Dangerous Animal mengaku terpaksa melakukan tindakan tersebut karena jiwa anak tersebut terancam. "Mereka mengambil keputusan yang sulit dan pilihan mereka tepat karena bisa menyelamatkan hidup anak kecil itu," kata Thane Maynard, Direktur kebun Binatang Cincinnati.

gorila © 2016 brilio.net



Maynard menambahkan, gorila berbobot 180 kilogram tersebut terlihat seperti tidak akan menyerang anak tersebut. Kendati demikian menjadi sangat buruk bila gorila berada dalam situasi gelisah. Terkait kasus ini, pengelola sementara waktu menutup kandang dari pengunjung.

gorila © 2016 brilio.net



Awalnya, anak tersebut jatuh dari ketinggian tiga meter, kemudian masuk ke dalam parit di dalam kandang gorila. Dalam video yang beredar di media sosial, gorila tersebut terlihat menyeret anak tersebut sebelum akhirnya ditembak oleh petugas. Anak tersebut kemudian diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit, hingga saat ini belum ada informasi detail dari korban.

Tak pelak tindakan petugas kebun binatang tersebut juga menuai kontroversi dari pecinta hewan.