Brilio.net - Belakangan masyarakat Indonesia dihebohkan dengan meninggalnyaWayan Mirna Salihin (27). Mirna diduga meninggal akibat racun Sianida yang dicampur ke dalam kopi. Sianida atau yang memiliki nama ilmiah NaCN merupakan salah satu bahan kimia yang biasanya berbentuk kristal, serbuk ataupun cair. Pengunaan sianida banyak digunakan sebagai bahan penyusun busa polystyrene.

Sianida cukup berbahaya, itu sebabnya memang tidak diperjual belikan secara bebas dan hanya digunakan untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan. Sianida tidak dapat dikomsumsi langsung oleh manusia karena bisa menyebabkan kematian.

Kendati demikian, masih saja ada yang menyalahgunakan Sianida untuk mencelakakan orang lain. Berikut adalah 5 tragedi terparah di dunia yang diakibatkan karena penyalahgunaan sianida yang telah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/1).

1. Pembunuhan massal di Amerika Selatan

mati sianida © 2016 brilio.net


Penyalagunaan sianida secara besar-besaran pernah terjadi pada tanggal 18 November 1978 di Jonestwon, Guyana, Amerika Selatan.  918 orang dinyatakan meninggal karena meminum Flavor Aid yang telah dicampur dengan sianida. Kejadian ini dikenal sebagai salah satu kematian massal di Amerika Selatan.

2. Penyalagunaan sianida di Rusia

mati sianida © 2016 brilio.net


Tanggal 5 Desember 2009 adalah hari yang cukup kelam bagi pengunjung klub Khromaya Loshad, Perm, Rusia. Malam itu klub tersebut terbakar dan menyebabkan racun sianida menyebar dari pembakaran plastik dan busa polystyrene. Racun sianida itu pun terhirup oleh pengunjung dan menyebabkan 156 orang tewas di lokasi kejadian.

3. Pembunuhan warga India di Chicago

mati sianida © 2016 brilio.net


Kisah tragis pembunuhan karena sianida pernah dialami oleh warga negara India bernama Urooj Khan pada tanggal 19 Juli 2012. Khan merupakan orang kaya yang berhasil memenangkan lotre sebesar 1 juta USD atau senilai dengan Rp 13,8 milyar. Tubuh Khan ditemukan tergeletak di kamar tidurnya sehari setelah dirinya memenangkan lotre tersebut. Setelah dilakukan penyidikan ternyata Khan tewas karena sianida dan sampai saat ini belum diketahui pelaku yang meracuni Khan.

4. Kematian 241 orang di Brasil

mati sianida © 2016 brilio.net


Siada memang zat yang sangat membahayakan terbukti 241 orang tewas karena menghirup sianida dalam kebakaran sebuah klub malam di kota Santa Maria, Brasil Selatan.

5. Sianida sebagai racun andalan Nazi

mati sianida © 2016 brilio.net


Keberadaan sianida sebagai racun mematikan sudah diketahui dari dulu. Bahkan Nazi acap kali menggunakan sianida untuk membunuh tawanan. Terbukti pada tahun 1942 Nazi pernah membunuh 2000 orang tahan dengan memasukkan mereka ke sebuah kamar yang telah diisi gas sianida.

Untuk menghindari berbagai hal yang tidak dinginkan, baiknya dari sekarang kamu lebih jeli ya mengetahui tentang ciri-ciri sianida dan tidak sembarang memanfaatkan zat yang bisa menyebabkan kematian ini.