Brilio.net - Mulai dari Jawa Barat hingga Rio de Janeiro, Brasil, tahun 2016 akan menjadi tahunnya pesta olahraga. Tercatat, setidaknya ada tiga event besar akan tersaji di tahun monyet api, yaitu, PON edisi ke 19 yang akan di adakan di Jawa Barat, kemudian Piala Eropa yang akan disajikan di Prancis, dan olimpiade musim panas yang akan diadakan di Brasil.

Tak hanya itu saja, beberapa lanjutan peristiwa olahraga tahunan akan kembali hadir di 2016. Seperti panasnya Liga Champion yang menyisakan 16 tim terbaik Eropa.

Nah, berikut momen-momen olahraga yang akan hadir di tahun 2016, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/1):

1. Lanjutan drama Liga Champion edisi 2015/2016

5 Event olahraga dunia 2016 ini patut kamu tunggu, semuanya bergengsi!foto: arabnews.com

Loading...

Dari pementasan Liga Champion edisi 2015/2016, kali ini drama akan kembali dimulai dari babak 16 besar. Arsenal kembali harus berjumpa dengan juara bertahan Barcelona. Begitu juga dengan PSG vs Chelsea, dan Juventus vs Bayern Munchen. Sementara itu sang raksasa Spanyol, Real Madrid harus meladeni wakil Italia AS Roma. Babak 16 besar sendiri akan dimulai 16 Januari 2016, sementara final akan dihelat pada tanggal 28 Mei 2016 di Kota Milan.

2. Aksi perdana Rio Haryanto di Formula 1

5 Event olahraga dunia 2016 ini patut kamu tunggu, semuanya bergengsi!foto: ganlob.com

Pebalap Indonesia Rio Haryanto telah mendapat restu dari tim Manor Marussia untuk menjadi pebalap F1 pada musim balap Formula 1 2016. Sementara itu Menpora telah memberikan garansi kepada Rio untuk membantu dana yang masih kurang. Alhasil, 2016 ini kemungkinan besar Indonesia akan mencetak sejarah dalam dunia balap Formula 1. Dimana Rio Haryanto menjadi pebalap pertama Indonesia yang akan tampil di balap mobil paling bergengsi sejagat ini.

3. Piala Eropa, Prancis

5 Event olahraga dunia 2016 ini patut kamu tunggu, semuanya bergengsi!foto: uefa.com

Ajang sepak bola empat tahunan yang mempertemukan negara-negara di benua eropa akan kembali hadir di tahun ini. Prancis akan bertindak sebagai tuan rumah. 24 tim telah diundi menjadi 6 grup. Belgia, Italia, Rep. Irlandia, Swedia harus tergabung dalam grup neraka. Mereka akan saling adu sikut di grup E. Ajang ini sendiri rencana akan dihelat mulai 10 Juni hingga 10 Juli 2016.

4. Olimpiade musim panas, Brasil

5 Event olahraga dunia 2016 ini patut kamu tunggu, semuanya bergengsi!foto: sikids.com

Event olahraga paling bergengsi dan terbesar di dunia juga akan digelar pada tahun 2016 ini. Kota Rio de Janeiro di Brasil akhirnya terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas kali ini. Sementara untuk kontingen Indonesia, mereka menargetkan raihan dua emas guna menutup paceklik emas yang tengah melanda sejak olimpiade sebelumnya. Pencapaian ini akan dimaksimalkan pada cabang bulutangkis dan angkat besi. Olimpiade 2016 sendiri akan mulai digelar pada 5 Agustus sampai 21 Agustus 2016.

5. PON XIX, Jawa Barat

5 Event olahraga dunia 2016 ini patut kamu tunggu, semuanya bergengsi!foto: ayobandung.com

Sementara dari negeri sendiri, ajang olahraga paling bergengsi yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) akan digelar di Jawa Barat. Ajang yang akan mempertemukan atlet-atlet dari berbagai provinsi ini rencananya akan dilaksanakan mulai 9 September sampai 21 September 2016.

Kalau kamu udah nggak sabar nungguin yang mana guys?