Brilio.net - Gaun yang pernah dikenakan Putri Diana dalam berbagai kesempatan seperti ketika menari bersama dengan bintang film, pada pertemuan dengan sejumlah diplomat ditampilkan di gemerlap pameran busana kegemaran keluarga kerajaan Inggris yang dibuka di London pada pekan ini.

Sebanyak 25 koleksi pakaian akan dipajang mulai Jumat (24/2) depan hingga sisa tahun ini di Istana Kensington. Istana ini merupakan tempat tinggal Putri Diana lebih dari 15 tahun.

Pameran tersebut juga bertepatan dengan peringatan 20 tahun kematiannya. Pameran itu menampilkan gaun beledu warna biru tinta yang dikenakan Putri Diana saat menari bersama aktor John Travolta di Gedung Putih pada 1985. Demikian halnya dengan pakaian berkerah tinggi ala Elvis Presley bertahtakan mutiara turut dipajang pula.

Pihak penyelenggara menyatakan koleksi tersebut juga mencerminkan pemahaman Putri Diana tentang pemakaian busana sebagai alat diplomasi.

"Pameran kami mengeksplorasikan kisah seorang remaja perempuan yang dengan cepat mampu mempelajari aturan keluarga kerajaan dan pakaian diplomat yang dalam prosesnya mendapat perhatian kalangan industri dan perancang busana di Inggris," kata Eleri Lynn selaku kurator 'Diana: Her Fashion Story' dikutip Reuters, Rabu (22/2).

Diana yang merupakan ibunda dari Pangeran William dan Pangeran Harry menikah dengan pewaris takhta kerajaan Inggris, Pangeran Charles pada 1981 dan pasangan tersebut bercerai pada 1996. Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris, Prancis, pada 1997.