Brilio.net - Dunia ini penuh dengan beragam negara, di mana setiap negara memiliki kondisinya masing-masing. Ada yang memiliki kekayaan alam melimpah, namun ada pula yang minim kekayaan alam.

Bukan hanya itu, di dunia ini juga terdapat beragam keadaan. Ada negara yang memiliki pendapatan besar hingga berpredikat negara terkaya. Di sisi lain, ada juga yang berpredikat sebaliknya, negara termiskin di dunia.

Pada dasarnya, tidak ada yang menginginkan predikat negara termiskin. Namun keadaan masyarakat yang jauh dari kata sejahtera, mau tak mau melekat predikat negara termiskin di dunia.

Brilio.net, Kamis (22/12) merangkum dari laman gazettereview, berikut sepuluh negara termiskin di dunia berdasarkan pendapatan per kapita.

1. Papua Nugini

negara termiskin © 2016 istimewa foto: brownandhudson.com

Peringkat 10 ditempati oleh negara Papua Nugini. Negera tersebut memiliki pendapatan per kapita sebesar 539,62 dolar.

2. Ethiophia

negara termiskin © 2016 istimewa rehmat1.com

Secara historis, negara Ethiophia pernah berada pada kondisi yang relatif kaya. Namun beberapa tahun belakangan, Ethiophia mengalami pertumbuhan penduduk yang besar, hingga mengarah pada jurang kemiskinan. Pendapatan per kapita dari negara tersebut sebesar 505,00 dolar per kapita.

3. Gambia

negara termiskin © 2016 istimewa foto: accessgambia.com

Negara Gambia memiliki pendapatan sebesar 484,10 per kapita. Negara satu ini memiliki presiden yang pernah bekerja sebagai satpam. Hingga kini, negara ini terus berusaha memperbaiki kondisi ekonomi negara.

4. Kongo

negara termiskin © 2016 istimewa foto: gazettereview.com

Negara terbesar kedua di Benua Afrika ini memiliki pendapatan per kapita sebanyak 484,20 dolar per kapita.

5. Liberia

negara termiskin © 2016 istimewa foto: gazettereview.com

Liberia mendapat pendapatan perkapita sebesar 454,30 dolar, membuat Liberia masuk dalam kategori negara termiskin di dunia.

6. Madagaskar

negara termiskin © 2016 istimewa foto: gazettereview.com

Pendapatan salah satu negara di Benua Hitam ini sebesar 463,00 per kapita. Populasi dari negara ini pun sekitar 20 juta penduduk.

7. Nigeria

negara termiskin © 2016 istimewa foto: theaustralian.com.au

Nigeria masuk dalam negara termiskin di dunia karena memiliki pendapatan per kapita sebesar 415,40 dolar. Meski begitu, Nigeria memiliki kekayaan alam yang berlimpah seperti uranium, emas, dan lain-lain.

8. Central African Republic

negara termiskin © 2016 istimewa foto: hrw.org

Negara Republik Afrika tengah ini kerap terjadi peperangan akibat ketidakstabilan politik. Adapun pendapatan perkapita sebesar 333,20 dolar per kapita.

9. Burundi

negara termiskin © 2016 istimewa foto: gazettereview.com

Burundi adalah salah satu negara yang kerap mengalami perselisihan politik yang berujung pada tindak kekerasan. Burundi masuk dalam negara miskin karena memiliki pendapatan perkapita sebanyak 267,10 dolar.

10. Malawi

negara termiskin © 2016 istimewa foto: gazettereview.com

Malawi memiliki pendapatan per kapita sebesar 226,50 dolar. Jumlah pendapatan per kapita tersebut merupakan pendapatan terendah di seluruh dunia.

Malawi pun mendapat julukan negara termiskin di dunia. Negara berpenduduk 16 juta orang ini masih memiliki berbagai masalah baik dari infrastruktur maupun pelayanan sosial.