Brilio.net - Paspor biasanya berwarna hijau atau biru gelap di luar dan dalamnya putih dengan 36 halaman. Tapi ada yang lain dari paspor Kanada. Paspor ini akan menampakkan desain menarik saat terkena cahaya ultraviolet atau sering disebut backlight.  

Kanada mengeluarkan dokumen perjalanan dengan desain kreatif ini sejak tahun 2013. Desain ini, digunakan untuk memastikan keotentikan paspor dan visa tersebut.

"Desain artistik dalam ultraviolet (UV) melengkapi desain visual dan berfungsi untuk lebih mengamankan halaman visa pada pemalsuan," ungkap juru bicara Kewarganegaraan dan Imigrasi Kanada, Nancy Caron kepada Mashable. "Kehadiran desain UV termasuk dalam rincian fitur keamanan bersama dengan penegak hukum dan perbatasan berwenang Kanada dan internasional untuk mereka gunakan dalam membangun keaslian paspor elektronik Kanada."

Selain Kanada, Finlandia dan Norwegia juga membuat desain khusus untuk paspor mereka. Nah, berikut beberapa foto desain paspor Kanada yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (23/3). Cekidot Guys!

1. Jadi berwarna dan keren kan?

Loading...

paspor kanada 1-5 © 2016 brilio.netfoto: Mashable

2. Tapi desain kreatif ini juga sempat menuai beberapa kritik

paspor kanada 1-5 © 2016 brilio.netfoto: Mashable

3. Indonesia kapan ya mau buat yang kayak gini

paspor kanada 1-5 © 2016 brilio.netfoto: Mashable

4. Desain daun-daun ini keren juga

paspor kanada 1-5 © 2016 brilio.netfoto: lazypenguins.com

5. Jadi kayak semacam kartu ucapan ya

paspor kanada 1-5 © 2016 brilio.netfoto: matadornetwork