Brilio.net - Instagram membenarkan layanannya tumbang dan tidak dapat diakses oleh sebagian penggunanya di seluruh dunia. Pihak Instagram kemudian berjanji untuk bekerja dengan cepat guna memperbaiki masalah tersebut.

Pernyataan Instagram ini diungkapkan lewat akun Twitter resminya @instagram, sekitar pukul 6 pagi, Jumat (14/6).

"Kami sadar sejumlah orang tengah memiliki masalah dalam mengakses akun Instagram mereka," kata Instagram dengan tagar Instagram Down.

Penjelasan dari Instagram tersebut menyusul ramainya keluhan dengan tagar Instagram Down yang ramai dicuitkan warganet dunia di Twitter menggunakan #instagramdown.

Meski terjadi di seluruh dunia, berdasarkan keterangan dari sejumlah warganet di Indonesia, akun Instagram mereka masih bisa diakses.

Loading...

Banyak yang menduga tidak bisa diaksesnya Instagram karena Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali melakukan pembatasan terhadap media sosial, bertepatan dengan sidang Mahkamah Konstitusi mengenai sengketa Pemilu 2019 pada Jumat (14/6). 

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, menyebut pihaknya berharap tidak akan melakukan pembatasan atau pelambatan akses media sosial selama sidang MK. Ia menambahkan, langkah pelambatan atau pembatasan akses media sosial hanya dilakukan jika terjadi peningkatan ekskalasi hoaks dan hasutan di media sosial.

"Dan sejauh pemantauan Kemkominfo pagi ini, belum ada peningkatan ekskalasi hoaks dan hasutan," tutur Nando dikutip brilio.net dari liputan6.com.

Keluhan tentang Instagram down tersebut datang dari warganet di berbagai belahan dunia. Meski begitu, menurut sejumlah cuitan di Twitter, warganet di Indonesia menyebut akun Instagram mereka masih bisa dipakai secara normal. Demikian juga saat kami mencoba mengakses Instagram, masih bisa digunakan seperti biasanya.

Pantauan di peta live outage Down Detector menunjukkan sejumlah negara yang terdampak tumbangnya Instagram. Misalnya saja Amerika Serikat, Jepang, sebagian Eropa, dan sebagian Asia. Pada live outage map, Indonesia memang minim terkena dampak Instagram tumbang karena maps menunjukkan warna peta tidak berubah menjadi merah atau kuning.