Brilio.net - Mengurus orang yang sudah lanjut usia memang bukan hal yang mudah. Buktinya banyak orang di negara-negara maju lebih memilih menitipkan lansia di panti-panti jompo atau mencari pembantu di rumah. Apalagi di negara yang masyarakatnya gila kerja seperti Jepang, merawat lansia dianggap penghalang produktivitas.

Karena alasan tersebut, Toyota sebagai sebuah perusahaan raksasa di Jepang melalui lembaga risetnya menciptakan robot khusus merawat lansia. Sebagaimana dikutip dari Tech Insider, Selasa (21/6), robot itu diberi nama The Robobear. Robot yang didesain oleh institusi penelitian RIKEN ini diklaim mampu membantu mengangkat orang dewasa atau tua untuk memindahkannya ke tempat yang nyaman.

John Hanson, manajer komunikasi Toyota menuturkan perusahaannya saat ini memang sedang mengembangkan proyek tersebut. Ia mengatakan perusahaannya ingin membuat robot yang tidak hanya cangih, namun juga memiliki gerak lembut sehingga cocok untuk disandingkan dengan manusia di usia lanjut.

"Itu adalah tujuan kami. Menciptakan robot yang tidak hanya canggih dari segi teknologi dan kemampuan, tetapi juga lembut dan aman saat melakukan pekerjaannya," ujar John dalam wawancaranya dengan Tech Insider.

Seperti apa kerja robot penjaga lansia ini? Simak videonya berikut ini:

Loading...