Brilio.net - Pernahkah kamu bermimpi bisa membuat makanan yang kamu suka dalam waktu yang tak terlalu lama? Pasti iya kan? Bisa menikmati hidangan favorit tanpa ribet dan tanpa bahan kimia berbahaya tentu menjadi dambaan banyak orang. Guna mewujudkan impian banyak orang itu, sebuah perusahaan yang berkantor di Barcelona, Natural Machines, merancang sebuah mesin yang bisa menyajikan makanan dalam waktu sekejap. Mesin yang diberi nama Foodini itu bisa mengeluarkan makanan bentuk 3 dimensi sesuai keinginanmu.

Foodini © 2016 brilio.net

Foodini digadang-gadang menjadi revolusi perangkat makanan di tengah kehidupan yang serba instan ini. "Kami ingin Foodini menjadi revolusi di dapur sebagaimana kemunculan microwave pada tahun 1970-an lalu," kata Lynette Kucsma, co-founder Natural Machines seperti dikutip brilio.net dari 3dprintingindustry.com, Rabu (3/8).

Harapannya, Foodini menjadi solusi untuk mengonsumsi makanan bergizi dan bebas dari bahan pengawet. Dengan begitu, masyarakat bisa menghindari makanan kemasan yang mengandung bahan berbahaya.

Foodini memang dirancang sebagai perangkat yang super cerdas. Coba bayangkan sejenak ketika bahan-bahan makanan yang ada di lemari es diambil dan dapat diolah oleh Foodini. Dengan memperhatikan bahan yang ada, Foodini dapat mengolah bahan makanan itu menjadi hidangan yang sebelumnya kamu buat. Foodini dapat terhubung dengan berbagai resep masakan dengan bantuan laptop, tablet, atau smartphone.

Mau buat kue, tinggal masukkan bahan yang diinginkan, atur mesin, dan jadilah kue yang kamu mau. Saat ingin pizza, kamu tak perlu membeli ke luar, gunakan Foodini kamu bisa dapatkan pizza dalam waktu yang tak terlalu lama.

Foodini © 2016 brilio.net

Salah satu fitur yang paling menarik adalah kemampuan mencetak makanan 3D dari berbagai bahan makanan yang tersedia. Saat menggunakan Foodini, kamu bisa mengubah pengaturan sesuai jenis masakan yang mau kamu buat. Wah menarik banget ya?

Tapi kalau kamu ingin memiliki Foodini harus bersabar. Saat ini Foodini baru beredar untuk kalangan profesional yang berhubungan dengan kuliner. Hal itu dilakukan untuk pengujian alat ini sebelum beredar luas di masyarakat. Rencananya, Foodini akan beredar luas sekitar akhir 2016 atau awal 2017 dengan harga sebesar USD 2.000 atau sekitar Rp 26 juta. Wow!

Foodini HL © 2016 brilio.net

Tentu keberadaan Foodini tak akan menyingkirkan profesi koki. Pihak Natural Machines menyebut bahwa keberadaan manusia terampil dibutuhkan untuk menyusun bahan secara pas dan memastikan semuanya bekerja sesuai resep yang ada. Foodini hanya dimaksudkan untuk menyederhanakan pekerjaan dapur agar lebih efisien waktu.

Biar kamu lebih paham dengan Foodini, yuk lihat video berikut.

(brl/ani)

(brl/ani)