Brilio.net - Sudah jadi rahasia umum deh kalau sebagian masyarakat Indonesia itu selalu mau tahu alias kepo. Apalagi jika sudah urusan gosip selebritis, selalu pengen tahu banget.

Nggak cuma selebritis sih, kadang keingintahuan masyarakat juga ditujukan pada tokoh terkenal atau public figure. Cuma saja, selama ini media sosial menjadi saluran yang mereka gunakan. Nah kalau urusan gosip, paling-paling mereka merujuk pada akun Lambe Turah.

Dari sisi kredibilitas tentu saja sulit dipertanggung jawabkan kebenarannya. Masyarakat memang sulit memiliki akses langsung ke tokoh terkait jika ingin tahu informasi ataupun klarifikasi. Jadi wajar saja kalau mereka akhirnya memilih media sosial sebagai sumber informasi.

Tapi, sekarang mereka bisa lho berhubungan langsung dengan sosok idola atau tokoh yang mau dikepoin. Coba deh Infonesia, sebuah aplikasi tanya jawab asli karya anak bangsa.

Infonesia © 2017 brilio.net

Loading...

Akun Prilly Latuconsina (foto: infonesia)

Aplikasi ini memungkinkan para pengguna menjadi yang pertama mendengarkan informasi paling menarik dan klarifikasi gosip paling kontroversial secara langsung dari responden di berbagai bidang, seperti selebritis, influencers, pakar, serta figur publik lainnya.

Masyarakat selama ini memiliki keterbatasan informasi dari sumbernya langsung baik itu artis, influencers, atau pebisnis. Terutama soal akses karena mereka nggak bisa langsung berbincang dengan tokoh idolanya.

“Makanya kita sebagai aplikasi knowledge sharing ingin memberikan akses langsung dari sumbernya,” ujar CEO Infonesia Ihsan Fadhlur Rahman saat acara ngabuburit dan buka puasa bersama di kawasan SCBD Jakarta, Kamis (1/6).

Para pengguna bakal dapat jawaban langsung dalam bentuk suara dan gambar langsung dari sumbernya. Ini jelas jadi pengalaman baru berselancar di media sosial. Sebagai responden, pengguna hanya perlu memberikan respons dalam bentuk suara dan foto dengan durasi maksimum 60 detik.

Infonesia © 2017 brilio.net

CEO Infonesia Ihsan Fadhlur Rahman (foto: brilio.net/yani andryansjah)

Nah salah satu responden Infonesia yang sudah bergabung, Gisella Anastasia kepada brilio.net mengaku aplikasi ini sangat membantu dirinya memberikan informasi yang benar kepada para penggemar.

Dia juga menilai aplikasi ini bisa menjadi saluran informasi sekaligus klarifikasi bagi mereka yang suka berprasangka. Saat ini, kata Gisella, masyarakat kerap memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan informasi. Hanya saja, nggak sedikit prasangka yang menyudutkan para selebritis.

“Makanya dengan adanya aplikasi ini saya harap sih bisa lebih positif. Sehingga yang awalnya punya prasangka buruk bisa tuntas. Ya selama saya pakai ini sih pertanyaannya belum terlalu aneh-aneh masih normatif,” kata Gisella.

Infonesia © 2017 brilio.net

Gisella Anastasia (foto: brilio.net/yani andryansjah)

Uniknya, meski baru saja diluncurkan pada 16 Mei 2017 lalu, saat ini sudah ada lebih dari 30 responden hot shot yang bergabung di aplikasi ini mulai dari selebriti seperti Prilly Latuconsina, Al Ghazali, Gisella Anastasia, Dimas Anggara, musisi seperti Nino RAN, hingga berbagai influencers di berbagai bidang lain.

Selain itu, dalam 2 minggu diluncurkan, sudah ada lebih dari 10 ribu pengguna, lebih dari 35 ribu pertanyaan yang dikirim dan sudah lebih dari 900 pertanyaan dijawab dan didengar lebih dari 120 ribu kali.

Malah, pada 19 Mei 2017 lalu, Infonesia mendapat suntikan dana dari venture capital yang berbasis di Silicon Valley. Sayangnya, pihak Infonesia enggan menyebutkan nilai investasinya.

Oh ya, aplikasi ini juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan lho. Pengguna memiliki potensi meraih penghasilan dan mendapat keuntungan dengan memanfaatkan model bisnis yang ditawarkan Infonesia.

Infonesia © 2017 brilio.net

Yuki Kato (foto: infonesia)

Tidak hanya responden tapi juga penanya yang kreatif bisa mendapatkan keuntungan. Selain memberi respon secara gratis, pengguna juga berhak memberikan respon berbayar menggunakan Virtual Diamond Infonesia yang memiliki nilai konversi ke Rupiah.

Penanya kreatif yang berhasil mendapatkan jawaban dari responden berbayar, dapat mengundang pengguna lain sebanyak-banyaknya untuk menjadi pendengar atau yang disebut penguping hanya dengan membayar 1 diamond (senilai Rp 1.000). Nantinya, responden dan penanya akan mendapatkan persentasi dari total pemasukan yang diterima dari setiap penguping tersebut.

Yang jelas Infonesia bisa menjadi solusi sekaligus mengedukasi masyarakat Indonesia dari hoax ataupun berita yang nggak benar.