Brilio.net - Email memberikan ruang yang tak cukup besar untuk file yang dikirim. File kecil seperti Word atau Excel mungkin bisa dikirim dengan cepat dan tanpa hambatan. Namun jika ingin file-file besar seperti foto dalam jumlah banyak atau video, email tak memfasilitasinya. Pengiriman file berukuran besar ini bisa diakali dengan cara mengirimnya menjadi beberapa kali. Namun ini cukup membuat ribet.

Nah cara mudah untuk mengirimkan sekaligus file besar itu adalah dengan aplikasi penyimpanan file. Kamu hanya perlu mengunggah file-file-mu, kemudian kamu akan mengirimkan tautannya untuk dapat diunduh orang yang kamu kirimi file tersebut. Sejauh ini yang populer adalah Dropbox.

Namun masih ada lho aplikasi penyimpanan file yang lain. Berikut ini adalah 10 aplikasi penyimpanan untuk berbagi file berukuran besar tersebut yang dirilis brilio.net dari Tech Radar.

Semuanya gratis, meskipun beberapa di antaranya ada tawaran berlangganan layanan premium  untuk cakupan lebih banyak data dan kecepatan download yang lebih cepat.

1. The Box.

penyimpanan file  © 2016 brilio.net


Layanan The Box mirip dengan Dropbox, ruang penyimpanannya versi gratisnya jauh lebih banyak yaitu 10 GB. Namun kamu tidak bisa meng-upload file yang lebih besar dari 250MB kecuali jika mendaftar layanan premium.

2. SugarSync.

penyimpanan file  © 2016 brilio.net

Beberapa fiturnya yang tidak ada pada Dropbox membuatnya layak dicoba. Namun kamu harus mengeluarkan kocek USD 7,49 atau sekitar Rp 100 ribu per bulan untuk yang termurah dengan ruang penyimpanan 60 GB. Aplikasi ini memfasilitasi kolaborasi kelompok dan urusan bisnis.

3. Mediafire.

penyimpanan file  © 2016 brilio.net

MediaFire memberi 10 GB ruang penyimpanan gratis, dan memungkinkan Anda transfer file hingga 200 MB. Dengan membayar USD 2,49 (sekitar Rp 35 ribu) per bulan untuk fitur yang lebih lengkap.

4. WeTransfer.

penyimpanan file  © 2016 brilio.net

WeTransfer menyediakan versi gratis. Namun hanya mampu menyimpan selama tujuh hari. Jika menginginkan versi  premium per tahun dikenai harga USD 131 atau Rp 1,8 juta. Kamu akan mendapatkan file transfer sebesar 5 GB dilindungi sandi.

5. Hightail.

penyimpanan file  © 2016 brilio.net

Awalnya dikenal sebagai YouSendIt. Bebas transfer file sebesar 50 MB dengan penyimpanan 2 GB.

6. Adobe SendNow.

penyimpanan file  © 2016 brilio.net

untuk mendapatkan Adobe SendNow butuh kocek sebesar USD 19,95 (sekitar Rp 270 ribu) per tahun. Adobe Sendnow dilengkapi converter file ke PDF.

7. Egnyte.

penyimpanan file  © 2016 brilio.net



Egnyte telah berkonsentrasi pada perusahaan. Keamanan, back-up, dan kecepatan adalah layanan andalan Egnyte.Dimulai pada USD 8 (sekitar Rp 110 ribu) per karyawan per bulan. Layanan ini mencakup ruang penyimpanan 1 TB dan pengiriman file maksimum 2,5 GB.

8. MailBigFile.

penyimpanan file  © 2016 brilio.net



Edisi gratisnya bisa mengirimkan hingga lima kali masing-masing sebesar 2GB. Sedangkan akun premiumnya dihargai USD 6,21 per bulan (Sekitar Rp 85 ribu) dengan total batas pengiriman 4 GB. Versi berbayar ini dapat mempercepat transfer, serta menambahkan penyimpanan ekstra.

9. Mega.

penyimpanan file  © 2016 brilio.net


Mega dilaporkan telah menjaring sebanyak 100.000 pengguna dalam satu jam pertama semenjak dirilis. Ruang penyimpanan sebesar 50 GB diberikan dari versi gratisnya. Akun premium dihargai 9,99 euro (Rp 150 ribu) per bulan.