Brilio.net - Kecanggihan teknologi saat ini memang sudah sangat berkembang. Apalagi setelah munculnya smartphone yang di dalamnya terdapat aplikasi serba ada. Semua orang semakin dipermudah dengan adanya smartphone ini.

Melihat tren sekarang orang susah lepas dari gedget, membuat Salah satu e-commerce terkenal di Indonesia menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk meluncurkan kalkulator zakat online. Upaya ini juga ingin memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat muslim di Indonesia dalam menunaikan zakat.

Zakat online © 2017 brilio.net

"Kita terus berinovasi untuk memberikan kemudahan layanan orang berzakat. Kami mempermudah orang Indonesia mahlun luar negeri untuk menjalankan ibadah zakat," ujar Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Zakat Nasional, Arifin Purwakananta kepada media, Di Gedung BAZNAZ, Jumat (2/6).

Inovasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah penghimpun zakat di Indonesia. Hal ini didasari pada data Pusat kajian Stategis BAZNAZ yang menyatakan bahwa pada tahun 2016, jumlah penghimpun zakat Indonesia disinyalir masih rendah, yakni Rp 5 triliun.

Loading...

"Saat ini bangak masyarakat yang belum paham mengenai arti pentingnya membayar zakat. Karena mereka bingung bayarnya di mana dan ke mana. Dengan adanya zakat online ini diharapkan dapat memberi kemudahan masyarakt untuk membayar zakat," jelasnya.

Sementara itu, CEO Mataharimall.com Hadi Wenas mengatakan untuk melakukan pembayaran zakat secara online, calon pembayar zakat dapat mengakses digital.mataharimall.com/zakat. Di sana, calon muzaki akan diarahkan menuju laman berisi informasi dan tata cara pembayaran zakat.

"Mudahnya membayar zakat melalui MatahariMall.com, semudah berselancar dalam berbelanja online," ujar katanya

Muzaki dapat memilih pembayaran zakat yang diinginkan yaitu zakat profesi dan zakat harta (maal). Setelah memilih zakat yang ingin dibayarkan, masukkan data penghasilan, harta, utang/piutang yang dimiliki sebagai dasar perhitungan zakat.

Kemudian kalkulator zakat akan menghitung total pembayaran zakat yang harus dibayarkan, sehingga muzaki dapat melihat informasi perhitungan zakat lebih transparan.

Langkah selanjutnya ialah dengan memasukkan data diri dan klik tombol bayar. Pembayaran zakat dapat dilakukan melalui bank transfer dan virtual account.

Setelah selesai membayar zakat, masyarakat akan mendapatkan email notifikasi pembayaran secara resmi dari pihak Baznas yang berisi bukti setor zakat. Nah jika masyarakat ingin melihat dana penyaluran zakat yang telah dibayarkan, dapat langsung mengunjungi website Baznas, di sana terdapat muzakki corner yang berisi informasi penyaluran dana zakat yang jelas.