Brilio.net - Semenjak dunia dilanda pandemi Covid-19, banyak aktivitas publik yang dibatasi. Mulai dari mal, swalayan atau supermarket, kantor, kuliah, bahkan sekolah sekaligus. Hal ini menyebabkan murid, mahasiswa, atau bahkan orang tua untuk harus mengetahui cara kerja suatu aplikasi. Tentu saja, hal ini akan mempermudah proses belajar agar bisa dilakukan secara online.

Google Classroom atau bahasa Indonesianya Google Kelas merupakan layanan web gratis yang didirikan oleh perusahaan Google untuk sekolah. Tujuan dari layanan ini adalah untuk menyederhanakan proses penilaian maupun pengumpulan tugas tanpa harus bertatap muka. Meski begitu, tujuan utama dari Google Classroom adalah untuk menyederhanakan proses berbagi file antara guru dan siswa.

Terdapat banyak fitur yang sudah dikembangkan di Google Classroom guna memudahkan para guru dan murid. Adapun fitur tersebut adalah untuk mempermudah bagaimana guru memberikan nilai, tugas, berkomunikasi, membuat kursus arsip, hingga melihat laporan orisinalitas. Cukup serbaguna juga, kan?

Layanan Google Classroom dapat digunakan dengan akun Google. Untuk mendukung keperluan para pengguna, Google Classroom juga bisa terhubung dengan layanan Google lainnya yakni Google Calendar, Google Drive, Docs, Slide, Gmail, dan lain sebagainya.

Saat pengguna berada di Classroom, mereka bisa membuat postingan hingga bertukar file seperti di media sosial. Dengan ini, guru atau dosen dapat memberikan materi kisi-kisi ataupun latihan soal dengan mudah sehingga siswa dapat mengunduh dan mengumpulkan tugasnya dalam bentuk file.

Namun apakah kamu sudah mengetahui caranya? Nah daripada semakin penasaran dihimpun brilio.net dari beragam sumber pada Jumat (4/2), berikut cara download file di Google Classroom dengan cepat dan mudah.

1. Klik atau pilih kelas.

Pertama-tama, pilih kelas yang memiliki file yang hendak diunduh. Sebelum itu, pastikan dulu kamu sudah bergabung di sebuah kelas online terlebih dahulu ya.

2. Cari postingan materi.

Setelah itu, carilah postingan materi pilihan yang memiliki file yang akan di-download. Klik postingan tersebut untuk menampilkan ke laman selanjutnya.

3. Klik lampiran file dari postingan materi.

Bila sudah memuat ke laman postingan materi, kamu bisa melihat informasi dari postingan materi tersebut beserta file-file yang terlampir. Klik lampiran file tersebut untuk meneruskan cara download file di Google Classroom.

4. Buka di jendela baru.

Setelah kamu mengetuk salah satu lampiran file, file tersebut akan terbuka dan menampilkan isinya. Lanjutkan dengan klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas > Pilih open in the New Tab.

5. Download file.

Yang terakhir, tombol anak panah ke bawah akan muncul di sebelah pojok kanan atas. Klik tombol tersebut untuk menyelesaikan proses cara download file di Google Classroom.

Proses selesai. Kamu tinggal tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan kelar. Bila proses download selesai, file akan otomatis tersimpan di perangkat laptop kamu. Cukup mudah, bukan?