Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal dengan Mobile Legends? Game besutan Moonton ini begitu popular di semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Saking popularnya, tak jarang turnamen game ini digelar baik dari skala lokal (amatir) hingga profesional.    

Wajar jika saat ini Mobile Legends bukan lagi sekadar hiburan semata, tapi juga bisa menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Fakta inilah yang dirasakan Bangkit Pratama, pria asal Banyuwangi, Jawa Timur yang sukses meraup cuan dari game yang satu ini.

Lewat website Takapedia, Bangkit melayani top up dan jasa joki Mobile Legends. Asyiknya, top up bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. “Yang membuat berbeda adalah, semua itu bisa diakses melalui website 24 jam dengan proses otomatis, yang hanya membutuhkan waktu 1-3 menit,” ujar Bangkit. 

Baginya, Mobile Legends bukan hal baru. Selama bertahun-tahun, dia memainkannya. Bahkan tak jarang Bangkit memenangkan kompetisi. “Hobi saya main game. Sehari bisa menghabiskan waktu 6-8 jam untuk bermain game. Saya sering menjadi juara 1 turnamen Mobile Legends tingkat Kabupaten Banyuwangi,” ungkap pemilik akun Instagram @Taka_Pedia ini.

Sempat punya tim e-Sport 

Pria kelahiran 9 September 2002 ini sempat memiliki tim e-sport yang solid. Namun seiring berkembangnya bisnis Takapedia, dia memutuskan untuk fokus membesarkannya. “Dulu saya pernah memiliki tim e-sport. Namun kini saya sudah tidak menekuni dunia e-sport lagi dan lebih memilih bisnis joki dan top up,” tutur Bangkit.

Dunia perjokian Mobile Legends mulai digelutinya sejak 2017, dan hingga kini terus berkembang. “Dulu saya hanya sekadar iseng saja. Lama-kelamaan ingin menekuni, hingga sekarang,” ucapnya.

Menurutnya, membangun top up game dan joki Mobile Legends gampang-gampang susah. Dia pun pernah merasakan getirnya sepi pembeli hingga mengalami penipuan.

“Awal pembukaan toko masih sepi dan lumayan susah mendapatkan customer. Namun dengan ketekunan, Alhamdulillah sekarang memiliki banyak customer. Pelanggan bisa dari segala kalangan,” kata Bangkit.

Berbagi cuan

Cuan yang terus mengalir tak hanya dinikmatinya sendiri. Dia bisa berbagi dengan orang-orang tersayangnya. “Banyak kehidupan saya yang berubah. Saya dapat membahagiakan orang tua, serta membantu teman-teman saya yang masih belum mendapatkan pekerjaan,” tuturnya.

Selain membesarkan bisnis tersebut, ke depan Bangkit ingin menjadi content creator yang memberikan pengaruh positif kepada viewers-nya. “Misi saya, membuat konten-konten bermanfaat tentang game kepada viewers, memberikan hiburan dengan konten game dan memberikan motivasi kepada mereka,” pungkasnya.