Brilio.net - Apa yang paling kamu takuti saat mengisi daya baterai handphone di fasilitas umum? Ya, alasan keamanan selalu jadi pertimbangan utama. Namun rupanya ada alasan lain yang lebih perlu kamu khawatirkan. Yaitu alasan keamanan informasi ada di HP kamu yang bisa saja diambil dan disalahgunakan oleh orang lain.

Dikutip brilio.net dari CNN Tech, Senin (20/2), rupanya mengisi daya HP di tempat-tempat pengisian umum di ruang publik berisiko menjadikan HP lebih rentan serangan peretas dari orang tak bertanggungjawab.

Ini bahaya menggunakan baterai dan charger KW buat HPmu   © 2016 brilio.net

Hal ini disebabkan karena kawat yang digunakan untuk menghantarkan daya ke HP juga bisa mengirimkan data yang di ponsel. Hal ini seperti halnya orang yang mentransfer data melalui kabel data dari HP ke komputer atau sebaliknya. Untuk para hacker hal ini kerap dimanfaatkan untuk mengakses data pribadi pemilik ponsel, seperti foto, email, SMS bahkan galeri pribadi.

Proses pencurian menggunakan kabel charger di tempat-tempat umum ini dikenal dengan nama 'juice jacking'. Secara sederhana pencurian data ini dilakukan dengan merekam segala aktivitas di layar saat HP digunakan sembari diisi dayanya.

Lalu bagaimana untuk menghindari hal ini? Cara terbaik adalah dengan menghindari menggunakan charger HP di tempat-tempat umum. Pastikan HP kamu terisi penuh sebelum bepergian dan akan lebih aman jika kamu punya power bank, yang menjadi penolong jika kehabisan baterai di perjalanan.