Brilio.net - Apakah kamu pernah melihat foto unggahan teman Facebookmu yang bisa diputar 360 derajat? Tentu kamu penasaran dong, bagaimana bisa membuat postingan seperti itu?

Foto dan video 360 derajat memang semakin populer setelah dikenalkannya perangkat virtual reality. Jika sebelumnya banyak yang bingung bagaimana bisa mengunggah foto 360 derajat itu di media sosial, kini sejak pertengahan Juni lalu Facebook mengenalkan fitur keren Facebook 360 untuk berbagi foto dan video 360 derajat.

Fitur berbagi foto 360 derajat ini dapat langsung dibagikan di Feed Facebook dan dapat dilihat oleh teman-teman Facebook yang perangkatnya sudah mendukung sensor Gyroscope. Perbedaan foto biasa dengan foto 360 dapat dilihat dari ikon kompas yang muncul pada foto 360.

Berdasarkan rilis dari Facebook, Foto 360 derajat ini bisa buat dengan perangkat iPhone 4S atau di atasnya, iPad mini 2 atau di atasnya, iPad Air dan iPad Air 2, serta iPad Pro. Selain itu juga Samsung Galaxy S5 atau di atasnya serta Samsung Note 3 atau di atasnya. Tak cuma itu, pengambilan foto itu bisa menggunakan aplikasi atau fitur Street View, Google Camera, Cardboard Camera atau Theta S.

Cara untuk menggunakannya cukup mudah. Gunakan iPhone atau Samsung kalian untuk mengambil foto panorama dari smartphone. Jangan lupa set ke mode panorama pada smartphone kalian. Gerakkan perlahan dari kiri ke kanan atau sebaliknya dengan tenang. Setelah itu, tinggal unggah foto itu ke akun Facebook kalian.

Cara menggunakan  Cardboard Camera, Street View, atau perangkat lain yang membantu pembuatan foto 360 derajat tak beda jauh. Selesai membuat foto panorama 360 derajat itu, langsung unggah saja di Facebook agar bisa dilihat oleh teman-temanmu.

Lebih jelasnya kamu bisa lihat video berikut:

(brl/swh)

(brl/swh)