Brilio.net - Pakai laptop sambil tiduran di kasur memang asyik. Terasa lebih santai. Sambil beraktivitas dengan laptop, handphone juga bisa di-charge di dekat kita. Sesekali bisa kita buka-buka smartphone, ketika ada pesan atau sekadar memantau medsos.

Tapi, buat kamu yang punya kebiasaan seperti ini, kamu harus segera mengakhirinya. Buat yang belum melakukannya, lekas saja urungkan niat kamu buat ngelakuin kebiasaan itu. Sebab, nge-charge HP, maupun pemakaian laptop di bantal, maupun kasur bisa membahayakan. Di Inggris, ada kejadian dimana sprei kasur yang terbakar gara-gara di atasnya diletakkan smartphone yang sedang di-charge, seperti dikutip dari mirror.co.uk, Minggu (25/12). Untungnya, api bisa cepat dipadamkan, sehingga musibah yang lebih besar bisa dihindari.

bantal Istimewa

foto: mirror.co.uk

Gara-gara kejadian ini, otoritas pemadam kebakaran di sana, London Fire Brigade, mengeluarkan peringatan kepada masyarakat agar tidak mengambil risiko dengan menaruh HP, laptop, maupun peralatan listrik di tempat tidur.

Loading...

menaruh laptop di kasur Istimewa

foto: istimewa

Chris O'Conner, Kepala keamanan masyarakat di London Fire Brigade, mengatakan, jangan tidur dengan meletakkan HP di tempat tidur kamu, apalagi dengan menaruhnya di bawah bantal. "Telepon dan peralatan listrik lainnya bisa mendapatkan cukup panas untuk membakar tempat tidur," ujarnya.

"Hal yang sama berlaku untuk laptop. Laptop cenderung memanas dan ketika ditinggalkan di selimut dan permukaan yang lembut dapat menjadi terlalu panas dan menyebabkan kebakaran."

Nah, sekarang udah tahu kan risikonya. So, sebaiknya dihindari ya.