Brilio.net - Smartphone kini jadi teknologi wajib yang dimiliki anak muda. Nggak heran jika para produsen smartphone lantas bersaing ketat di pasaran untuk menyuguhkan bermacam-macam seri ponsel dengan harga dan spesifikasi masing-masing.

Belum lama ini, Realme meluncurkan produk terbarunya di pasar Indonesia. Pada 7 April 2021 lalu, Realme merilis seri smartphone terbarunya yakni Realme 8. Produsen smartphone terkemuka asal Tiongkok ini telah meluncurkan seri Realme 8 dengan teknologi kamera dan desain yang menjadi standar smartphone segmen middle atau menengah berikutnya.

Sebagai trendsetter baru, Realme 8 mengusung teknologi kamera 108MP yang mampu mendukung para sineas dan kreator konten untuk bisa menghasilkan konten foto maupun video layaknya seorang profesional. Sementara dari sisi desain, Realme 8 diperbarui dengan pilihan warna dan huruf yang berani dan menetapkan standar premium baru untuk smartphone kelas menengah, yang memungkinkan penggunanya terlihat tampil elegan dan profesional.

Nah, penasaran bagaimana wujud, harga, dan spesifikasi Realme 8? Berikut ulasan harga Realme 8, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya, dirangkum brilio.net dari Realme.com dan berbagai sumber lainnya pada Kamis (10/6).

- Spesifikasi:

1. Chipset : Mediatek Helio G95 (12 nm)

Loading...

2. CPU : Octa-core (2x2,05 GHz Cortex-A76 & 6x2,0 GHz Cortex-A55)

3. GPU : Mali-G76 MC4

4. RAM : 8 GB

5. Memori Internal : 128 GB

6. Memori Eksternal : microSD (slot khusus)

7. Layar : Super AMOLED, 6,4 inci, Full HD+ (1080 x 2400 piksel)

8. Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

9. Kamera Depan : 16 MP

10. Baterai : Li-Po 5000 mAh, tidak dapat dilepas

- Harga

Dimulai dari Rp 3.599.000

- Kelebihan Realme 8

1. Dilengkapi prosesor gaming.

Spesifikasi harga Realme 8 © 2021 brilio.net

foto: Realme.com

Realme 8 mengadopsi prosesor gaming MediaTek Helio G95. MediaTek Helio G95 dirancang secara eksklusif untuk menjadi inti dari pengalaman gaming smartphone yang luar biasa. G95 juga dilengkapi dengan dual core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan 900 MHz Mali-G76GPU.

Dengan chipset yang bertenaga, HP ini cocok untuk para gamer. Untuk pilihan RAM sendiri akan ada pilihan RAM 4GB, 6GB dan 8GB yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan. Serta pilihan memori internal 128 GB yang bisa diekspansi dengan hadirnya slot microSD. Secara keseluruhan jelas ponsel ini bakalan memiliki performa yang tangguh, bahkan untuk kebutuhan gaming berat sekalipun.

2. Memiliki Quad Camera.

Spesifikasi harga Realme 8 © 2021 brilio.net

foto: Realme.com

64MP AI Quad Camera dan Infinite Bold Design, menjadi identitas Realme 8 sebagai smartphone paling stylish dengan performa terbaik di kelas menengah.

Realme 8 membawa kamera beresolusi kamera 64MP dengan berbagai peningkatan di mode foto dan video, yang memberikan anak muda kebebasan bereksplorasi tanpa batas melalui kamera. Kamera quad Realme 8 yang sangat bisa diandalkan ini terdiri dari kamera utama 64MP, sudut ultra lebar 8MP 119°, dan lensa macro dan lensa potret B&W.

Kamera utama 64MP hadir dengan sensor ukuran super besar, bukaan f / 1.79 dan piksel super tinggi 64MP, mendukung Quad Bayer, ukuran piksel hingga 1.4μm. Bahkan dalam cahaya redup, gambar akan terlihat sangat cerah. Sektor kamera tetap menjadi fokus pada Realme 8 yang sudah ditingkatkan dengan fitur kamera seperti Tilt-Shift Mode, Starry Mode, Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, Neon Portrait dan Dual-view Video.

Sementara untuk kamera depan, Realme dibekali dengan 16MP Ultra-clear yang memenuhi kebutuhan selfie terverifikasi dengan aperture f/2.45, mendukung mode kecantikan pintar, Efek Bokeh, dan lain-lain. Realme 8 juga hadir dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan Super Nightscape untuk memastikan setiap selfie tampil sempurna!

3. Layar Super AMOLED.

Spesifikasi harga Realme 8 © 2021 brilio.net

foto: Realme.com

Realme 8 dibekali layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci yang memungkinkan tampilan lebih cerah, dan karena setiap piksel pada layar dapat disesuaikan, efisiensi daya juga ditingkatkan. Berkat layar Super AMOLED-nya, Realme 8 juga memiliki fitur Always-on Display dan dilengkapi dengan sensor sidik jari.

Dari segi spesifikasi, layar Super AMOLED Samsung 6,4 inci ini mencapai resolusi Full HD dan tingkat sampling sentuh hingga 180Hz. Layar ini juga mendukung fungsi peredupan seperti DC dan mode pelindung mata, yang secara efektif mengurangi kelelahan mata.

4. Baterai jumbo.

Spesifikasi harga Realme 8 © 2021 brilio.net

foto: Realme.com

Realme 8 ditenagai dengan baterai jumbo kapasitas 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar tentunya pengguna bisa memiliki screen on time yang lama terlebih dengan fitur pengisian daya cepat. Realme mengklaim bahwa baterai ponsel ini bisa tahan 40 hari jika tidak digunakan apa-apa, alias hanya mode siaga.

5. Fast charging 30 W.

Spesifikasi harga Realme 8 © 2021 brilio.net

foto: Realme.com

Selain kapasitas baterai yang besar, Realme 8 juga dibekali fitur fast charging atau pengisian baterai super cepat 30 W. Kamu akan menjumpai dengan pengisian cepat yang mampu mengisi daya baterai dari 0 sampai dengan 50% hanya dalam waktu 26 menit saja. Bahkan dari 0 sampai dengan 100% hanya membutuhkan waktu 65 menit saja.

Dengan fitur pengisian cepat ini kamu bisa tak perlu menunggu ponsel dalam waktu lama saat mengisi daya ponsel. Bahkan dengan harga 3 jutaan rupiah, fitur seperti ini memang terasa cukup mewah setidaknya sampai dengan saat ini.

6. Fingerprint dalam layar.

Spesifikasi harga Realme 8 © 2021 brilio.net

foto: Realme.com

Terakhir, untuk mode pengamanan, Realme 8 sudah memakai teknologi fingerprint dalam layar. Kesan premium jelas akan terpancar pada ponsel yang sudah menggunakan fingerprint dalam layar. Satu lagi yang tidak ketinggalan, Realme 8 juga dibekali NFC yang semakin penting buat zaman sekarang. Misalnya, untuk mengisi saldo e-money.

- Kekurangan Realme 8.

1. Layar tak dilindungi Gorilla Glass.

Spesifikasi harga Realme 8 © 2021 brilio.net

foto: Realme.com

Kekurangan Realme 8 yakni belum memiliki pelindung layar berupa Gorilla Glass. Mengingat Realme 8 sudah dibekali layar Super AMOLED, sayang jika tidak diberi perlindungan yang maksimal. Bukan tanpa sebab, tidak adanya fitur layar pelindung jelas untuk menekan harga Realme 8 agar bisa lebih terjangkau.

2. Speaker belum stereo.

Spesifikasi harga Realme 8 © 2021 brilio.net

foto: Realme.com

Realme didukung sertifikasi audio resolusi tinggi 24-bit/192kHz. Hal ini membuat Realme 8 dapat memutar file audio berkualitas (bitrate tinggi) melebihi kualitas file audio yang disimpan di sebuah keping CD.

Namun, potensi Realme 8 mengeluarkan suara yang bagus terhambat karena speaker yang dipasang masih tunggal alias mono, bukan stereo. Satu speaker itu berada di bawah. Kendati speaker-nya disetel oleh perusahaan audio asal Swedia, Dirac, tetap saja suaranya tak semantap speaker stereo.