Brilio.net - Kalau kamu mendengar istilah router, apa sih yang pertama kali muncul di pikiranmu? Sebuah alat, jaringan internet atau kabel? Nggak begitu salah kok kalau kamu memikirkan 3 hal tersebut. Karena router merupakan suatu perangkat keras pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda dari sisi teknologinya.

Router kerap diandalakan untuk memperlancar koneksi internet. Untuk segala permasalahan sinyal yang lemot, nggak lancar samapai hal lain yang sering membuat aktifitas di dunia maya jadi ngadat kerap menggunakan router sebagai solusi. Router sebagai hardware jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat komputer ke perangkat lainnya yang prosesnya disebut routing. Nah nggak heran kan kalau router kerap disebut sebagai salah satu penyelamat jaringan internet.

Eh tapi sebenarnya router punya fungsi yang lebih luas lho. Ada banyak juga jenisnya yang bisa memberikan beragam manfaat. Jangan cuma tau fungsi dasarnya, pahami juga gimana cara kerja router itu. Jadi kamu bisa lebih paham deh untuk menggunakan router. Penasaran kan seperti apa saja? Simak penjelasan lebih lanjutnya dalam ulasan brilio.net pada Senin (1/6).

1. Fungsi router.

Fungsi dan cara kerja router © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Router memiliki beberapa fungsi yang memberikan kemudahan untukmu. Nggak cuma bikin kegiatan berselancar internetmu jadi lebih mulus. Router juga menjadi penghubung 2 jaringan atau lebih. Selain itu fungsi router lainnya adalah sebagai berikut.

a. Menghubungkan jaringan ke DSL

Router menjadi penghubung suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini pengguna tidak hanya menggunakan sambungan kabel LAN, tapi juga dengan menggunakan teknologi wireless.

b. Mengantarkan informasi.

Yaps, router dapat mengantarkan atau mentransmisikan data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain dimana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan atau bridge.

c. Menghubungkan jaringan.

Seperti yang kamu ketahui, pada dasarnya router diketahui sebagai penghubung jaringan. Router memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga si pemakai dapat mengirimkan paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Perlu diketahui juga kalau setiap router memiliki beberapa fasilitas, yaitu fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) dan NAT (Network Address Translator). Fasilitas DHCP merupakan layanan yang dapat mendistribusikan IP Address lain kepada perangkat komputer. Sedangkan NAT merupakan fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat dibagikan kepada alamat IP lain. Dengan mendapatkan alamat IP lain inilah, suatu perangkat dapat terhubung ke perangkat lainnya.

2. Jenis-jenis router.

Fungsi dan cara kerja router © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

a. Router nirkabel.

Router nggak selalu langsung terhubung dengan modem dengan kabel. Ada juga router dengan sistem nirkabel ke perangkat yang mendukung standar nirkabel yang sama. Router nirkabel dapat menerima informasi dan mengirim informasi ke internet.

b. Router kabel.

Seperti yang kamu tahu, router kabel biasanya terhubung langsung ke modem atau Wide Area Network (WAN) melalui kabel jaringan. Router ini biasanya terpasang dengan port yang terhubung ke modem agar terhubung dengan internet.

Sementara itu router juga bisa dibedakan jenis berdasarkan mekanismenya. Berikut macam-macam dan penjelasannya.

Fungsi dan cara kerja router © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

a. Router statis. Router statis adalah router yang mampu untuk melakukan proses routing dari suatu jaringan dimana prosesnya dilakukan secara manual oleh seorang administrator. Router statis memiliki ciri khusus seperti digunakan untuk jaringan kecil, jalur spesifik ditentukan oleh admin, dan pengisian tabel routing ditentukan secara manual.

b. Router dinamis. Router dinamis adalah router yang dapat melakukan proses routing dapat berjalan secara otomatis dan dinamis setelah melalui pengaturan oleh seorang administrator jaringan.

c. Router wireless. Router wireless merupakan router yang dapat bekerja tanpa menggunakan kabel karena hanya mengandalkan media udara untuk mengirimkan paket data.

d. Router software/aplikasi. Router ini merupakan sebuah program atau aplikasi yang memungkinkan sebuah PC dengan sistem operasi menjadi sebuah router. Router software ini merupakan sebuah software yang dapat diinstal pada sistem operasi komputer, seperti Windows, Linux, ataupun macOS.

e. Router PC. Router yang satu ini merupakan sistem operasi yang memiliki fasilitas untuk men sharing atau membagi IP Address. Bentuk dari router PC adalah komputer yang dibuat sedemikian rupa hingga bisa berfungsi sebagai router.

f. Sedangkan Router hardware/fisik adalah sistem perangkat yang bisa membagi, memancarkan, serta juga mensharing IP Address. Router ini merupakan jenis router yang paling sering digunakan karena kemampuannya yang besar dalam melakukan proses routing.

3. Cara kerja router.

Fungsi dan cara kerja router © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Cara kerja router bisa dibayangkan seperti sistem kurir paket yang biasanya mengirimkan barang untukmu. Router bekerja dengan menghubungkan perangkat-perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain, atau dari perangkat ke internet. Router akan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan. Hal ini untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan.

Kalau alamat lokasi tidak jelas, maka paket itu dapat dengan mudah berakhir di rumah yang salah karena informasi yang terbatas. Bisa dikatakan bahwa router berguna untuk memastikan bahwa setiap lokasi (perangkat) memiliki nomor unik sehingga paket tersebut pergi ke alamat yang benar. Jika dalam ibarat ini kamu ingin mengembalikan atau mengirim paketmu sendiri, kamu bisa memanfaatkan router untuk melakukan pekerjaan ini juga.